05 Mei 2017 11:54

Eman Bertemu Bapak Kerukunan

MyPassion
SAPA LANGSUNG: Wali Kota Tomohon Jimmy Eman (kiri) menghadap langsung ke Presiden Joko Widodo. Foto: Humas Pemkot

TOMOHON—Sejak dideklarasikan dari Tomohon menjadi Bapak Kerukunan, akhirnya Wali Kota Tomohon Jimmy Eman bersua Presiden RI Joko Widodo. Momen tersebut diperoleh kala Eman menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Bidang Kemaritiman.

Kegiatan bertajuk Indonesia Poros Maritim Dunia berlangsung Kamis (4/5) kemarin di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Dibuka Presiden Joko Widodo, kegiatan ini membicarakan tentang pemberdayaan sumber daya yang ada di laut. Dan dinilai tidak mendapat perhatian serius. Pengembangan ristek di bidang maritim masih kurang. "Untuk itu, saya mendorong agar ada inovasi menunjang pengembangan dunia kemaritiman. Juga tetap memberdayakan nelayan melalui pendekatan IPTEK pengembangan perikanan," terang Jokowi.

Dalam era global persaingan antar negara, istilah yang kuat mengalahkan yang lemah, dan yang besar mengalahkan yang kecil telah berganti. Yaitu, cepat mengalahkan lamban. "Filosofinya jelas. Kita harus melakukan terobosan baru penunjang terlaksananya tugas kita. Diharapkan, setiap kepala daerah menghindari kegiatan rutinitas semata. Karena kita harus lebih maju agar tetap berada yang terdepan," tegasnya. Sementara itu, kehadiran Wali Kota Tomohon meski tidak memiliki laut, namun wajib mengetahui arahandan kebijakan Presiden di bidang kemaritiman. "Secara wilayah, di Tomohon tidak ada laut. Namun sebagai perintah, harus mengetahui kebijakan kemaritiman. Karena kita bagian dari Provinsi Sulawesi Utara," ungkap Eman.

Lanjutnya lagi, harus ada pemahaman tentang kebijakan-kebijakan ini, demi kepentingan pembangunan ke depan. "Dari sini kita bisa menilai peluang-peluang yang bisa ditangkap pemerintah daerah," tukasnya, didampingi Kabag Humas-Protokol Christo Kalumata.(cw-06/har)

Kirim Komentar