21 Apr 2017 11:23
Tiga Bulan Koleksi 122 Kasus

Miras Picu Kriminalitas

MyPassion

BITUNG—Angka kriminalitas di Bitung terus meningkat selang tiga bulan terakhir (lihat grafis). Berdasarkan data, selang Januari hingga Maret ada sekira 122 laporan polisi masuk.

 

Kasat Reskrim Polres Bitung AKP Afrizal Nugroho SIK mengungkapkan, kasus kriminalitas paling menonjol yakni penganiayaan. "Rata-rata kasus yang terjadi yakni perkelahian. Itu dipicu miras," ujarnya, kemarin.

Lanjutnya, penganiayaan paling sering dilakukan orang dewasa sebagian lagi anak muda dan remaja.

Ditambahkannya, kasus lainnya yang menonjol yakni pencurian dan pencabulan. "Ada juga kasus KDRT namun tidak terlalu banyak. Uniknya, kemarin (Rabu, Red) ada kasus KDRT yang dilakukan perempuan terhadap laki-laki. Kejadian di kompleks Pasar Cita, Kelurahan Bitung Barat, Kecamatan Maesa," bebernya.

Guna menekan angka kriminalitas, kata Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting, pihaknya rutin melakukan patroli. Pun, razia minuman keras (miras) yang menjadi pemicu utama.

"Kami hanya bisa mencegah. Tidak bisa menghentikan. Karena kami tidak bisa menjaga satu per satu masyarakat di Bitung," tuturnya sembari menambahkan, Polres Bitung juga melakukan pembinaan kepada anak-anak preman.

Ginting mengimbau masyarakat agar tidak lagi mengonsumsi miras. “Mengingat kriminalitas dipicu karena mengonsumsi miras berlebihan,” katanya. (jes/can)

Kirim Komentar