21 Apr 2017 07:59

Jokowi Bapak Kerukunan Bangsa

MyPassion
PERNYATAAN SIKAP: Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon mendeklarasikan Presiden RI Ir Joko Widodo sebagai bapak kerukunan bangsa, di Wale Syalom Kelurahan Kolongan, Kamis (20/4), kemarin.

TOMOHON- Kota Tomohon terus mengkampanyekan kehidupan masyarakat rukun dan damai. Menambah keharmonisan di tengah negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila dan kemajemukan. Karenanya, komitmen dan kinerja Presiden RI Ir Joko Widodo (Jokowi) yang terkenal akan kesantunan, ketegasan, keadilan dan religius ini, mendorong Pemerintah Kota Tomohon bersama forkopimda diprakarsai FKUB Tomohon menggaungkan Jokowi sebagai Bapak Kerukunan Indonesia.

 

“Parameter ukurannya jelas, dan bukti kongkrit bisa terlihat. Pak Presiden sering kali berkoordinasi dengan pemuka agama untuk menentukan kebijakan pemerintah, berlaku adil tidak memandang perbedaan,” terang Wali Kota Tomohon Jimmy Eman saat membuka sosialisasi dan dialog peningkatan kerukunan umat beragama sebagai pemersatu bangsa, di Wale Syalom Kelurahan Kolongan, Kamis (20/4), kemarin.

Menurutnya, presiden terkenal dengan keberpihakan pada masyarakat lemah guna mengedepankan kesejahteraan. Sebagai Kota Religius, Tomohon tentu berupaya menjadi penabuh gong ke seluruh nusantara, mendorong Presiden RI sebagai Bapak Kerukunan Bangsa. “Sebagai daerah di Sulut yang menjadi barometer kehidupan kerukunan antar pemeluk agama, sudah sepantasnya menjadi corong bagi daerah lain,” tegas ketua PG Kota Tomohon ini.

Olehnya, Tomohon mendeklarasikan dan menyatakan sikap dukungan terhadap Jokowi sebagai Bapak Kerukunan Indonesia. Terlebih beberapa waktu lalu, Tomohon menerima penghargaan Harmony Award, lebih menambah keyakinan gema dari Kota Religius akan berkumandang ke daerah lain di Bumi Pertiwi. “Keputusan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama RI 8/9 Tahun 2006, sangat jelas memuat tugas pokok dan tanggung jawab pemerintah daerah, dalam membina kerukunan umat beragama,” urai pria murah senyum ini.

Dijelaskannya, substansi peraturan bersama ini mencakup tiga hal. Yaitu pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan forum kerukunan umat beragama serta pendirian rumah ibadah. Sebagai implementasi pelaksanaan peraturan bersama ini, jika dikaitkan dengan visi pemerintah Kota Tomohon, yakni terwujudnya masyarakat Kota Tomohon religius, berdaya saing, demokratis, sejahtera, berwawasan lingkungan menuju kota wisata dunia. “Dalam mewujudkan hal tersebut tentunya terus mengangkat kebersamaan secara menyeluruh dan membutuhkan kerjasama semua komponen masyarakat termasuk antar umat beragama, dan kami berharap kebersamaan ini harus terus ditonjolkan, " harap Eman.

Sebab itu, diperlukan sinergitas bersama semua unsur keagamaan dan berbagai program keagamaan di Kota Tomohon.

Sementara itu, Kapolda Sulut Irjen Polisi Drs Bambang Waskito pada kesempatan itu menyatakan kebanggaannya kepada Kota Tomohon. "Saya bangga akan kerukunan antar umat beragama yang selalu nampak di Kota Tomohon,” kata Waskito.

Diungkapkannya, kondisi yang baik kaitannya dengan keberagaman beragama di Kota Tomohon sudah sangat baik, dengan memperoleh penghargaan  Harmoni Award. “Semoga penghargaan ini tetap terus dipertahankan,” harapnya.

Lanjutnya, dalam menghadapi tantangan perpecahan keberagaman suku, agama dan ras, harus menyesuaikan dengan perkembangan saat ini. Seperti kemajuan teknologi, khususnya media sosial (medsos). "Kita harus dapat menyesuaikan dengan kemajuan teknologi tersebut agar kita tidak terpengaruh dengan info hoax atau berita bohong di medsos yang dapat memecah belah kerukunan,” tegas mantan Kapolda Jabar ini.

Di sela sosialisasi FKUB, Eman bersama Waskito mendeklarasikan menyatakan Presiden RI Ir Joko Widodo sebagai bapak kerukunan bangsa.

Tampak hadir Wawali Tomohon Syerly Sompotan, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulut Drs Haji Suleman Awad MPd, Ketua FKUB Kota Tomohon Pdt Joy Palilingan MTh bersama para tokoh agama se Kota Tomohon, Kapolres Tomohon AKBP Monang Simanjuntak SIK, Kepala PN Tondano Julien Mamahit SH MH, Kaban Kesbangpol Toar Pandeirot serta jajaran Pemkot Tomohon. (vip)

Kirim Komentar