21 Apr 2017 11:45
135 Desa Rata-Rata 700 Juta

Dandes 103 Miliar Segera Disalurkan

MyPassion

RATAHAN — Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mendapat jatah dana desa sebesar Rp 103,2 miliar. Anggaran ini dibagikan ke 135 desa di 12 kecamatan. Rata-rata desa mendapat sekitar Rp 700 Juta (selengkapnya lihat grafis). Pencairan dandes pun dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama sebesar 60 persen dari total dandes. Tahap kedua sisanya.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Joutje Wawointana melalui Sekretaris Rommy Mawengkang menuturkan, pemerintah desa sementara melakukan proses pemasukan APBDes 2017. "Sekarang mereka harus menginput di sistem keuangan desa. Terus di bagian keuangan akan memeriksa apakah betum sesuai program dan kegiatan. Setelah itu keuangan akan meminta rekomendasi ke sini (DPMDes)," tutur Mawengkang saat diwawancarai di ruang kerjanya, kemarin.

Dikatakannya, setiap desa menerima sekitar Rp 700 Juta. Namun, ada beberapa yang lebih dari angka tersebut. Dikarenakan, pembagian tergantung dari jumlah penduduk, angka kemiskinan, dan letak geografis. "Kalau satu desa memiliki angka kemiskinan tinggi, mereka akan mendapatkan lebih," ungkapnya. Dalam penyaluran dandes tahap I ini, kata dia, akan disalurkan 60 persen dari total dandes.(tr-02/gel)

Kirim Komentar