20 Apr 2017 10:30
Rawan Lakalantas, Tak Punya Penerangan

13 Nyawa Melayang, Ruas Ring Road Jalur Maut

MyPassion

MANADO — Pengendara yang biasa melintas di jalur ring road Winangun-Kairagi-Mapanget harus berhati-hati. Selang beberapa tahun terakhir, berdasarkan data yang dihimpun Manado Post, ada 13 nyawa yang meninggal karena kecelakaan lalulintas (lakalantas). Sementara 11 warga mengalami luka-luka (lihat grafis). “Umumnya melibatkan kendaraan roda dua, di mana tak bisa mengontrol sepeda motor mereka,” ujar Kasatlantas Polresta Manado Kompol Ruslan Badaru.

 

Menurutnya, banyak pengendara yang sudah mengetahui jalur tersebut panjang dan lurus, sehingga sering menganggap enteng ketika mengemudikan kendaraan. “Akhirnya, ketika lengah, terjadilah kecelakaan bahkan sampai meninggal dunia,” tuturnya.

Kecelakaan lalu lintas sendiri, katanya disebabkan beberapa faktor. Seperti faktor manusia, jalan, lingkungan, cuaca. Misalnya, ada pengendara yang sudah mengantuk, tapi tetap memaksa untuk mengendarai mobil maupun motor. “Semua kembali lagi pada kehati-hatian warga dalam berkendara. Kalau kita hati-hati di semua medan, kita pasti aman,” pungkas Kompol Badaru.

Sementara itu dari pantauan Koran ini di ruas jalan ring road, ada beberapa titik rawan lakalantas. Di antaranya, jalan masuk ring road di area Citraland, kemudian persimpangan ke arah Bumi Nyiur, persimpangan ke arah Kembes dan Perkamil, selanjutnya titik sebelum SPBU yang baru dibangun, kemudian di titik jalan yang baru dilebarkan menjadi empat lajur. Tak sampai di situ, rawannya ruas jalan ring road dikarenakan penerangan jalan yang tak kunjung direalisasi. Padahal dari pantauan sudah ada tiang solar cell. Diungkapkan Donny Worang warga Tikela jaga 1, kecelakaan yang terjadi disebabkan penerangan jalan yang tidak jadi. “Sebenarnya ada lampu jalan tapi sayang tidak jadi. Biasanya korban laka lantas diakibatkan karena jalan yang gelap,” ucap pria yang keseharian berjualan di ruas jalan ring road ini. Donny juga mengatakan, dalam sebulan ini sudah sering terjadi kecelakaan. “Baru-baru terjadi kecelakaan di dekat sini dan korbannya mati,” tuturnya.

Berbeda disampaikan Eddy Pomantow warga Malendeng Lingkungan 1. Menurutnya kecelakaan yang terjadi diakibatkan rambu lalu lintas yang kurang. “Di sini rambu lalu lintas sangat kurang. Juga imbauan untuk mengurangi kecepatan tidak ada,” ujar pedagang yang biasa berjualan di ruas jalan ring road.

Terkait hal tersebut anggota DPRD Manado Michael Kolonio mengatakan, perlu adanya perhatian pemerintah pada ruas ring road. “Memang ring road melalui tiga daerah. Minut, Minahasa, Manado. Sehingga harus ada perhatian pemerintah provinsi mengambil alih pemasangan lampu jalan untuk mengurangi kecelakaan dan kriminalitas,” ungkapnya. Kolonio mengimbau masyarakat berhati-hati dalam berkendara. “Juga banyak kecelakaan di ring road karena pengendara yang mabuk. Untuk itu harus berhati-hati dalam berkendara,”  tukasnya.(hesly/gnr/gel)

Komentar
  • MyPassion

    dg
    24 Apr 2017 13:53

    At this time, wearing the rolex replica watch is not only to look at the time, but also to show their own out of the ordinary, and a good watch will make you full of charm, let you in a grain of replica rolex sand into a shining diamond! Rolex Rolex with its elegant design, excellent quality and won recognition and after a large number of breitling replica people. Although the price is high, but consumers believe that value for money. To this day, Rolex has been the hublot replica world leader in the watch industry. Rolex in two hours, nine years on the "Fubusi" ten international luxury brand ranks, from the inside to the outside exudes a kind of noble, delicate, precise brand charm.
Kirim Komentar