04 Apr 2017 14:48

Traffic Light Tidak Bisa Digunakan

MyPassion
TERSEMBUNYI: Keberadaan traffic light di salah satu titik Kota Tomohon bahkan terhalangi pohon. Selain tidak berfungsi, sarana pengaturan lalu lintas ini seakan dibiarkan tanpa pengawasan. Foto: Wailan/MP

TOMOHON- Dari sejumlah daerah di Sulut, Kota Tomohon merupakan salah satu daerah kecil yang padat kendaraan. Tidak hanya itu, Kota Bunga juga merupakan daerah yang keadaan traffic light-nya (lampu merah, red) sangat memprihatinkan. Tiang-tiang letak lampu merah kuning hijau sebenarnya tersedia. Namun, hanya sebatas berdiri tanpa memberi fungsi apa-apa.

 

Bahkan memiriskan lagi, sudah terkesan dibiarkan sehingga merusak keindahan kota. Pantauan koran ini, Senin (3/4) kemarin, ada beberapa titik yang masih berdiri kokoh namun tidak berfungsi. "Padahal dengan adanya traffic light ini, lalu lintas bisa lebih teratur dan berfungsi mengurai kemacetan," ungkap Robby warga Talete, seraya menambahkan Balai Perhubungan Darat Kemenhub harus proaktif.

Kadishub Tomohon Steven Waworuntu SSTP menilai di Kota Tomohon sendiri sudah memprihatinkan. Untuk pemasangannya, memiliki sejumlah persyaratan. “Namun itu wewenang kementerian pusat selama berada di ruas jalan nasional," terang Waworuntu. Untuk penambahan, pihaknya tengah berupaya mengkaji lebih baik soal persyaratan. "Apabila memungkinkan dan disesuaikan penataan anggaran, ke depan kami akan usulkan," tambahnya.

Di lain pihak, Satuan Lantas Polres Tomohon melalui Kasat Lantas AKP Sam Dotulong menyampaikan, sebenarnya apabila diaktifkan dan berfungsi baik, sangat berdampak positif bagi pengguna jalan. "Harus diakui keadaan jalanan memang masih dibilang sempit, tapi bila dipasang traffic light bisa berpotensi meminimalisir terjadinya pelanggaran lalu lintas," jelas Dotulong. (cw-06/vip)

Kirim Komentar