20 Mar 2017 15:14

Tinggal 10 Persen Jalan Masih Belum Layak

MyPassion

TONDANO – Kondisi jalan di Minahasa masih belum sepenuhnya layak. Tercatat, dari total jalan yang menjadi tanggung jawab Pemkab Minahasa sepanjang 489 km, masih 10 persen yang belum layak. Namun, kondisi ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Dimana, sebelumnya ruas jalan rusak ada dimana-mana. Namun saat ini, sudah tidak lagi. Sebagian besar jalan yang dibawah tanggung jawab Pemkab Minahasa sudah masuk kondisi layak. “Sampai akhir 2016, kondisi jalan yang di Laston atau HRS sudah sepanjang 279,29 Km. Kondisi Lapen sepanjang 125,87 Km,” beber Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) John Kusoy.

Ia melanjutkan, perbaikan jalan di Minahasa memang di-push agar bisa maksimal. “Pak Bupati menginginkan agar kondisi jalan di Minahasa sudah baik. Saat ini tinggal beberapa ruas jalan yang masih kondisi rusak berat,” katanya.  Namun lanjut Kusoy, pihaknya sudah masukkan di program anggaran tahun ini termasuk di perubahan. “Mungkin saat ini, kondisi yang rusak berat tinggal 10 persen. Dan kita sudah inventarisir dalam APBD tahun ini maupun di APBD perubahan,” pungkas Kusoy.

Sementara, Kepala Bidang Bina Marga Novry Ade Lontaan menambahkan, untuk perbaikan jalan yang  masih rusak berat, akan diselesaikan tahun ini. “Kondisinya sudah cukup baik. Masih ada sekira 10 persen lagi yang rusak berat, akan diperbaiki tahun ini,” jelasnya.  Perbaikan sisa ruas jalan yang masih rusak berat, tambah Lontaan akan dimasukan dalam APBD 2017 juga dalam anggaran perubahan nanti. Dibeberkannya, anggaran tahun ini untuk pembangunan dan perbaikan jalan sebesar Rp 19 miliar ditambah DAK sebesar Rp 46 miliar,” sambungnya.

Jika melihat nominal anggaran, tambah Lontaan, bisa dibilang besar, namun belum semuanya terpenuhi karena wilayah Minahasa cukup luas. “Jadi menutupi kekurangan, berharap bisa masuk bantuan pusat atau provinsi, agar tahun ini semua yang rusak akan dibenahi," jelasnya. Pada prinsipnya, lanjut Lontaan, semua jalan kabupaten yang dilaporkan rusak, sudah dan akan diperbaiki. "Tentunya kami berupaya supaya jalur jalan yang belum sempat terakomodir dan diperbaiki tahun lalu, akan diperbaiki tahun ini," terangnya sembari mengungkapkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas PU Provinsi Sulut, jika ada anggaran bantuan dari pusat ataupun provinsi bisa dialihkan ke Minahasa untuk menutupi hal-hal yang kurang. (fgn)

Kirim Komentar