17 Feb 2017 12:06

Rawan Tumbang, Tertibkan Pohon Trembesi Tua

MyPassion
WASPADA: Pohon besar yang tumbang beberapa waktu lalu saat cuaca ekstrem masih terus mengancam. Karenanya, Pemkot bakal menata ulang dengan menebang pohon tua yang berpotensi roboh. Foto: Novianti Kansil/MP

KOTAMOBAGU – Cuaca yang tak menentu menjadikan wilayah Kota Kotamobagu rawan bencana. Selain ancaman tanah longsor dan banjir akibat curah hujan tinggi, pohon tumbang juga menjadi momok bagi warga. Khususnya bagi pengguna jalan, pohon-pohon besar yang sudah tua kerap mengintai. Karenanya, Pemkot Kotamobagu bakal menebang pohon trembesi yang sudah mengancam pengguna jalan.

Warga pun mengeluhkan pohon yang mengancam ini. “Kadang saya takut lewat di bawahnya karena angin kencang bisa merobohkan pohon besar ini,” kata Rudi, warga Kotamobagu yang sering lewat di bawah pohon. “Pemerintah harus terus memperhatikan, jika ada yang berbahaya langsung ditebang saja,” harap mereka.

Atas hal ini, ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Wilayah Permukiman (DPKWP) Imran Amon tak mengelak akan hal ini. Ia menuturkan, pihaknya bakal menebang pohon yang sudah tua. “Rencananya, semua pohon yang ditanam di pinggir jalan akan diganti. Hal itu dikarenakan pohon jenis trembesi itu adalah jenis pohon yang akarnya tidak dalam, sehingga sangat mudah tumbang,” ujar  Amon.

Menurutnya, pohon jenis trembesi ini sangat berisiko saat musim penghujan dan angin kencang. “Pohon-pohon yang ada sekarang sangat membahayakan pengguna jalan. Buktinya, beberapa hari lalu ada beberapa pohon yang tumbang, dan hampir membahayakan pengendara," ucapnya.

Namun, pihaknya masih akan mencari jenis pohon pengganti yang akarnya lebih kuat dari trembesi. "Sementara ini kami sudah mulai menanam pohon sirsak, dengan cara ditanam di antara pohon-pohon yang rencananya akan diganti,” tukasnya. (yan/fgn)

Kirim Komentar