16 Feb 2017 10:23

Hati-hati! Sudah Ada Korban, Banyak Trotoar Berlubang

MyPassion
BAHAYA: Trotoar di Jalan Sario bisa membahayakan pejalan kaki. Pasalnya lubang trotoar hanya ditutupi dengan beton dan tidak semuanya tertutp. Foto: Reza Mangantar/MP

MANADO —  Satu lagi masalah yang selalu menghantui masyarakat kota Manado yaitu trotoar berlubang. Pantauan koran ini, di sejumlah titik khususnya di jalan protokol tak lepas dari trotoar yang rusak parah. Mulai dari berlubang, sudah terangkat, hingga trotoar yang alih fungsi menjadi parkiran motor.

Seperti trotoar di Jalan Sam Ratulangi. Tepatnya di kawasan Tugu Zero Point hingga kantor Pengadilan Tinggi Manado. Sekira ada lima lubang cukup besar. Ada yang sudah ditutup dengan beton. Tapi tidak teratur. Yoskes, pedagang kaki lima di kawasan ini mengungkapkan, trotoar berlubang membahayakan pejalan kaki.

"Berapa hari yang lalu seorang ibu jatuh dan langsung pusing karena tersangkut di beton yang menutupi trotoar berlubang. Saking banyaknya orang yang berdesakan sehingga ia tidak bisa melihat adanya beton tersebut," tuturnya.

Hal serupa diungkapkan Jeni, warga Kelurahan Calaca, saat ditemui di kawasan ini. Jika beton diangkatpun akan banyak orang yang jatuh apalagi di malam hari. "Pejalan kaki harus lebih berhati-hati apalagi di malam hari, lubang yang tidak tertutup dapat membahayakan pejalan kaki," tutupnya.

Selain di Jalan Sam Ratulangi, Jalan Wolter Mongisidi, sepanjang Jalan AA Maramis, Jalan Piere Tendean, juga Jalan Ahmad Yani tak lepas dengan trotoar berlumbang. “Kami minta pemerintah memperhatikan masalah ini. Tidak sedikit pejalan kaki yang mengalami kecelakaan di lubang-lubang trotoar,” sebut Maxi Meruntu, warga Malalayang.

Di samping itu warga mengritisi pengendara motor yang melintas di trotoar. "Padahal ada pihak yang berwajib tapi tetap saja ingin melewati jalan pintas memang contoh yang tidak baik," ungkap Arto, pedagang bakso di Jalan Piere Tendean. Menurut Dewi mahasiswa asal Bolmong, pengendara seperti itu merupakan contoh yang tidak baik.

"Banyak masalah mengenai trotoar berlubang tapi ada saja masyarakat yang tidak menyadarinya. Lama kelamaan trotoar itu akan berlubang jika banyak pengendara yang melintas di atas trotoar," ungkap Dewi dengan wajah marah.(tr-02/gel)

Kirim Komentar