16 Feb 2017 10:35
Lomban Tunggu Saja Tanggal Mainnya

Gantikan Andalangi, Senduk Potensi Sekkot Definitif

MyPassion
Maximiliaan Jonas Lomban

MANADOPOST—Secara mengejutkan tongkat Plt Sekkot Bitung beralih ke Yoke Senduk. Ya, Senduk resmi menggantikan Malton Andalangi sebagai Plt Sekkot sejak Senin (13/2). Hal ini sontak menjadi buah bibir di kalangan birokrat dan warga Bitung. Senduk pun diprediksi berpotensi menjadi sekkot definitif dan akan bersaing dengan delapan calon sebelumnya yang telah mengikuti seleksi tim pansel.

Andalangi, ketika ditanya, membenarkan dia sudah diganti, karena tidak mungkin untuk kedua kalinya menjadi plt sekkot.

"Pak wali beberapa waktu lalu, sudah pernah mengungkapkan, untuk perpanjangan tangan. Namun sesuai aturan itu tidak diperbolehkan," tutur Andalangi.

Terkait peluangnya untuk menjadi sekkot definitif, dia menyerahkan seluruhnya kepada wali kota. "Yah, itu diserahkan kepada pimpinan. Yang pasti saya siap jika dipercayakan kembali," singkatnya.

Terpisah, Senduk mengaku terkejut dengan penunjukan dirinya. “Namun ini perintah dari pimpinan. Saya harus menjalankanya. Saat ini saya fokus menjalankan tugas dulu. Belum berpikiran yang macam-macam," kata Senduk diselah mengunjungi korban bencana.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Maurits Mantiri mengatakan, penunjukan Senduk sebagai plt sekkot sudah melalui kajian matang. “Pak Senduk dinilai layak menempati jabatan tersebut. Pak Malton tetap menjabat Plt Asisten II. Pak Senduk definitif asisten III, sekaligus Plt Sekkot,” jelasnya.

Plt Kepala BKD PP kota Bitung Jefry Wowiling, mengatakan alasan Andalangi diganti, karena sudah dua kali diperpanjang, sementara aturan tidak menghendaki lagi.

“Kami sudah konsultasi dengan Pemprov Sulut tentang hal ini, dan setelah diusulkan beberapa nama, yang disetujui adalah Pak Yoke Senduk sebagai Plt Sekkot Bitung,” jelas Wowiling.

Sebelumnya, Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban (MJL) mengungkapkan, untuk sekkot definitif kedelapan nama yang dikirimkan ke provinsi semua berpeluang. "Karena memang belum ada hasil dari tim pansel. Hanya mungkin, yang lain sudah minder, karena waktu mereka mengikuti tes assessment, maupun tes wawancara, tidak dilakukan dengan sepenuh hati, sehingga mental mereka langsung jatuh, usai tes tersebut. Namun saya rasa mereka semua masih berpeluang, jadi kita tunggu saja tanggal mainnya," kata Lomban.(cw-01/can)

Kirim Komentar