16 Feb 2017 13:31

178 Koperasi di Mitra Dibubarkan

MyPassion

MANADOPOST— Pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (UMK) menargetkan penerbitan 1.000 akta pendirian koperasi UMKM baru sepanjang 2017 ini. Tujuannya, mendorong pendirian koperasi UMKM dan penyaluran subsidi pemerintah sebesar Rp 2,5 juta untuk pendirian akta. 

Rencana itu serius lantaran Dinas Koperasi UMKM baru saja menerima Surat Keputusan (SK) pembubaran koperasi yang dianggap sudah tidak aktif.  “Kami menerima SK pembubaran kepada 178 koperasi,” ungkap Kepala Bidang Koperasi UKM Billy Munaiseche, Rabu (15/2).

Menurut Munaiseche, pembubaran koperasi tersebut sebagai upaya pemerintah pusat untuk membentuk koperasi baru. Dikatakannya, Pemkab Mitra melalui Dinas Koperasi UMKM pun telah menindaklanjuti rencana pemerintah pusat demi mencapai target pendirian 1.000 koperasi baru.

“Tapi pemerintah daerah hanya memberikan rekomendasi saja kepada Pemerintah Provinsi Sulut berupa nama-nama koperasi yang bermohon untuk penerbitan akta. Nanti pemerintah provinsi yang menunjuk siapa notaris penerbit akta, termasuk penyaluran subsidi Rp 2,5 juta, yang kemungkinan disalurkan pemerintah provinsi,” terangnya.

Sayangnya menurut Munaiseche,  sejauh ini baru ada satu koperasi yang mengajukan permohonan pendirian akta. “Itupun tindak lanjut dari permohonan tahun lalu. Dan saya kurang tahu kenapa baru satu pemohon yang mengajukan,” tambahnya, sembari menambahkan jumlah koperasi (lihat grafis), belum terpotong dengan jumlah koperasi yang telah ditetapkan SK pembubaran.

Sejumlah masyarakat yang diwawancarai koran ini menilai, Dinas Koperasi UMKM kurang melakukan sosialisasi sehingga masyarakat kurang tahu ada program pemerintah pusat yang strategis. “Jadi kami berharap harus disosialisasikan supaya masyarakat tahu,” pungkas salah seorang warga Ratahan.(gre/gel)

Kirim Komentar