13 Feb 2017 08:46
Menko PMK dan Said Aqil Hadiri Hut Kepemimpinan OD-SK

Ketua PBNU: Kristen dan Muslim Itu Bersaudara, Satu Ayah, Beda Ibu

MyPassion
BAHAGIA: Menteri PMK Puan Maharani dan Ketua PB NU Kiai Haji Said Aqil Siradj menjadi tamu istimewa perayaan HUT Kepemimpinan OD-SK, semalam. Foto: Paul Bawole/Manado Post

MANADO—HUT Kepemimpinan 1 Tahun Gubernur Olly Dondokambey  dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK)  dirayakan sarat makna. Nilai toleransi menjadi makna penting kala Ketua Pengurus Umum Nahdlatul Ulama (PBNU) Kiai Haji Said Aqil Siradj. Salah satu tokoh pluralis Indonesia ini hadir dan memberikan pencerahan bagi ribuan undangan yang hadir di Gubernuran Bumi Beringin. “Kristen dan Muslim itu bersaudara,” ucap pria bersahaja ini.

Dari silsilah, lahir dari Nabi Abraham. Ishak dilahirkan dari Sarah dan Ismail dari Hagar. Dari Ishak lahir Yesus dan Muhammad dari keturunan Ismail. “Jadi sama aja kan kita. Istilahnya, satu ayah, beda ibu,” tuturnya. Karenanya, Muslim harus menghormati Isa Almasih (Yesus).

NU, sebagai organisasi Muslim terbesar juga sangat menjunjung tinggi nilai kebangsaan. “Bagi Ketua NU yang tidak taat pada peraturan agama, selaku petinggi NU akan saya jewer,” katanya. Mendengar ucapannya, undangan pun tertawa. Seharusnya, sebagai pemeluk Muslim menunjukkan nilai agama.

“Bukan anarkis seperti yang sudah diberitakan baru-baru ini.” Dirinya juga mengaku bangga dengan kerukunan agama yang terjalin di Sulut. Di akhir sambutannya, dia menyampaikan selamat atas pencapaian OD-SK meski baru seumur jagung menakodai Sulut.

12
Kirim Komentar