11 Feb 2017 09:11

Ahok Sapu Bersih Semua Survei

MyPassion

JAKARTA- Kans petahana Basuki Tjahaja Purnama (BTP) menang Pilgub DKI makin terbuka lebar. Semua lembaga survei menempatkan Ahok, sapaan akrab BTP, sebagai jawara. Bisa dikatakan, Ahok sapu bersih. Terbaru, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengadakan survei 3-9 Februari 2017.

Dari hasil survei, elektabilitas duet Basuki-Djarot mencapai 39,1 persen, disusul pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno 33,5 persen, dan terakhir Agus Yudhoyono-Sylviana Murni hanya 19,9 persen (lihat grafis, red). Selain itu, dari hasil tersebut, disebutkan ada 7,5 persen warga yang belum menentukan pilihannya. "Sejauh ini belum ada calon yang memperoleh dukungan di atas 50 persen," beber survei SMRC yang dirilis, Jumat (10/2), kemarin.

SMRC memprediksi Pilgub DKI memungkinkan berlangsung dua putaran. Dua pasangan calon (Paslon) yang masuk putaran kedua, Basuki-Djarot dan Anies-Sandi. "Namun demikian, Pilkada DKI masih beberapa hari lagi sejak survei ini dilakukan. Perubahan secara signifikan pada pemilih masih mungkin terjadi sampai Pilkada diadakan," tambah rilis tersebut.

Survei SMRC menggunakan metodologi wawancara dengan 1.600 warga DKI yang sudah punya hak pilih. Mereka dipilih dengan metode stratified systematic random sampling. Jumlah responden yang dapat diwawancarai secara valid (response rate) adalah 947 responden (59,2 persen). Toleransi kesalahan (margin of error, red) diperkirakan sekira 3,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen asumsi simple random sampling.

Senada, survei lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) yang digelar 2-8 Februari 2017, menempatkan keunggulan pasangan Basuki-Djarot, dibanding dua Paslon lainnya. Survei itu dilakukan dengan metode tatap muka terhadap 621 responden di 230 kelurahan dan 621 Rukun Tetangga (RT) di DKI Jakarta.

123
Komentar
Kirim Komentar