09 Feb 2017 08:51

Rokok Pembunuh Utama Nyong Sulut

MyPassion

MANADO—Kanker paru-paru mendominasi penyakit yang diderita kaum adam di Sulut. Bahkan banyak yang kronis hingga nyawanya tidak tertolong.  Penyebab utama kanker paru-paru tak lain adalah racun dalam rokok. Hal ini dikatakan Plt Kadis Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo MSc PH, kemarin (8/2).

Menurutnya, baik perokok aktif maupun pasif berpotensi besar terkena kanker paru-paru. Tapi orang yang tidak merokok maupun terkena asap rokok juga dapat menderita kanker paru-paru.

Kelompok perokok aktif menjadi kelompok paling berisiko. Asap rokok yang diisap mengandung lebih dari 50 zat-zat pemicu kanker, yang akan memberi dampak secara langsung terhadap jaringan paru-paru. Misalnya nikotin yang dipakai di dalam insektisida serta tar yang digunakan dalam pembuatan aspal jalanan.

Menurut Kalalo, setiap manusia punya bibit kanker. Sikap dan perilaku seseorang menentukan perkembangan bibit kanker tersebut.

Aktivitas fisik sangat mempengaruhi imunitas (daya tahan) tubuh, untuk membunuh sel kanker tersebut. “Jika imunitas tidak terjaga, tanpa kita sadari perkembangan sel kanker akan terjadi setiap tahun,” ujarnya.

Kalalo menyarankan, setiap orang harus rutin berolahraga. 150 menit selama 5 hari. Cukup 30 menit sehari. Itu pun, denyut jantung harus mencapai 70 persen dari total denyut jantung normal. “Kalau tidak tercapai, meski ada efek tapi tidak maksimal,” imbuh Kalalo.

12
Kirim Komentar