13 Jan 2017 11:39

Debat Pilgub DKI, Ahok Siap Klarifikasi Fitnah

MyPassion
Pilgub DKI / Dok. Jawa Pos

KOMISI Pemilihan Umum DKI Jakarta siap gelar debat kandidat perdana calon Gubernur DKI Jakarta, Jumat (13/1), hari ini. Acara berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta. Debat pertama ini akan disiarkan secara langsung tiga stasiun televisi, yaitu Net, TV One, dan Jawa Pos TV pukul 21.00 WITA, serta tujuh stasiun televisi lainnya akan menyiarkan siaran tunda. Debat kedua dan ketiga akan digelar pada 27 Januari dan 10 Februari 2017. KPU dan tim panelis pun sudah menentukan tema debat tersebut. “Temanya pembangunan sosial ekonomi untuk Jakarta,” terang Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno,

Debat itu akan dibagi menjadi enam segmen yang berlangsung selama dua jam. Di antara segmen itu, kata Sumarno, akan ada juga subtema yang dibahas. “Masalah lingkungan, transportasi, pendidikan, dan tentang keamanan warga,” ujar Sumarno. Debat akan dipandu seorang moderator. Moderator akan menyampaikan pertanyaan yang telah disusun tim panelis. Tim panelis sendiri terdiri atas empat akademikus yang sudah merumuskan pertanyaan.

Sumarno mengatakan setiap pasangan calon akan diberi kesempatan menjawab pertanyaan secara singkat. “Akan ada kesempatan juga untuk saling menanggapi pendapat lawan debat,” ujarnya. Selain itu, ada sesi pasangan calon mengajukan pertanyaan kepada pesaingnya.

Terkait dengan pelaksanaan debat tersebut, KPU DKI Jakarta juga berkoordinasi dengan masing-masing tim sukses untuk mematuhi sejumlah peraturan. Di antaranya tentang jumlah pengunjung dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama debat berlangsung. Polda Metro Jaya akan mengamankan tahapan debat tiga pasangan calon. "Kami sudah melakukan pengamanan dan koordinasi dengan pasangan calon agar pendukungnya sama-sama menjaga keamanan," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal M Iriawan.

Iriawan mengatakan rencananya setiap pasangan calon diperbolehkan membawa 100 orang pendukung masuk ke ruangan lokasi debat pilkada DKI Jakarta agar keamanan tetap terjaga. "Nanti satu pasangan calon 100 orang pendukung, jadi 300 orang," ucapnya.

Tiga pasangan calon wajib mengikuti acara debat ini. Mereka adalah pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni nomor urut 1, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat nomor urut 2, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno nomor urut 3.

123
Kirim Komentar