12 Jan 2017 10:00

Ratusan Dirombak, Ini Daftar Pejabat Sangihe

MyPassion
TUGAS BARU: Bupati Kepulauan Sangihe Drs Jhon Palandung MSi ketika menandatangani peresmian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) , di pandopo rumjab bupati, Rabu (11/1) kemarin. Foto: Yolister Karame/MP

MANADOPOST—Sebanyak 825 pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe dari eselon II, III dan IV resmi dilantik bersamaan dengan pengukuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) (lihat grafis). Pengambilan sumpah dilaksanakan di pandopo rumah jabatan (rumjab) bupati, Rabu (11/1) kemarin.

Dari pantauan harian ini, sebelum pelantikan Bupati Drs Jhon Palandung MSi mengawali pelantikan dengan meresmikan 32 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam OPD baru. Sementara, untuk pembacaan pejabat yang dilantik mulai pukul 16.00 Wita. Diawali dengan pembacaan secara berurutan posisi pejabat eselon II, III dan IV. Saking banyaknya, tiga ASN dipilih untuk membacakan secara bergantian daftar struktur yang baru.

Menariknya dari 32 SKPD hanya satu pejabat eselon II yang diperbantukan di Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) yaitu mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah J Kakondo. Sedangkan untuk Dinas Satpol PP dan Kebakaran, Badan Litbang dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dijabat oleh pelaksana tugas (Plt). Sedangkan Kepala SKPD baru seperti Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah, dan Dinas Informasi Komunikasi sudah terisi.

Di sisi lain, untuk kepala bagian ada tiga yang hilang yaitu Kepala Bagian Pemerintah Desa dan Bagian Pengolahan Data Elektronik. Hal tersebut digantikan bagian baru yaitu Bagian Infrastruktur, Tata Usaha Pimpinan dan Bagian Perbatasan Negara.

Bupati juga memberi apresiasi terhadap kinerja Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) pemkab yang telah bekerja keras menyusun konfigurasi OPD baru hingga seperti saat ini. Palandung berharap, dengan SOPD baru ini, Pemkab Sangihe dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dan tercapainya visi misi pembangunan jangka menengah. Diakui mantan Penjabat Wali Kota Bitung, tidak mudah menempatkan para pejabat di posisinya yang baru. Karena semua harus sesuai dengan proses dan kompetensinya. Namun, dirinya menjamin, seluruh proses yang telah dilalui dan berlangsung dengan objektif. 

Palandung juga mengingatkan, seluruh pejabat adalah orang-orang terpilih yang diberikan kepercayaan oleh negara untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang daftarnya masih panjang di daerah ini, mulai dari urusan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, kemiskinan, pemerintahan desa, hingga transparansi dan akuntabilitas di lingkungan birokrasi pemerintahan sendiri.

“Pada prinsipnya tahun 2017, kita harus berlari cepat, kejar ketertinggalan dengan menerapkan pola-pola kerja target yang terukur nyata, tidak ngawang-awang, termasuk peran staf ahli bupati, harus berkontribusi paling lebih besar pada perubahan baik dan signifikan di lingkungan Pemerintah ini,” kuncinya. Turut hadir dalam kesempatan itu, Kajari Tahuna, Danlanal Tahuna, Wakapolres, Sekretaris Kabupaten Edwin Roring SE ME, Kepala Kementerian Agama Sangihe, Ketua DPRD Sangihe, yang di wakili anggota DPRD Handri Abast serta para rohaniawan.(ite/gnr)

Daftar Pejabat Eselon II-III Dilantik sesuai OPD Baru:

12
Komentar
Kirim Komentar