11 Jan 2017 12:45
Ruangan Kotor, Kepala SKPD Tanggung Jawab

Silangen: Wah Bagaimana Ini, Masa Dibiarkan

MyPassion
TEGAKAN KEDISIPLINAN: Sekprov Edwin Silangen didampingi Karo Infrastruktur, Pengadaan Barang dan Jasa Setprov Jemmy Ringkuangan, Karo Protokol, Kerjasama dan Komunikasi Sekretariat Daerah Bahagia Mokoagouw serta Plt Karo Umum Clay Dondokambey, melakukan sidak di sejumlah ruangan di kantor gubernur, kemarin. Foto: Jendri Dahar/MP

MANADO—Prilaku buruk sejumlah ASN di lingkungan ‘gedung putih’ kembali mencuat. Hal itu terlihat dari hasil inspeksi mendadak (sidak) Sekprov Edwin Silangen, kemarin (11/1) pagi. Didampingi para pejabat eselon II dan III, Silangen mendapati tingkat kesadaran ASN terhadap kebersihan masih jauh dari harapan.

Dalam sidak tersebut, beberapa ruangan terlihat tak terurus. Meja dan lemari dipenuhi debu. Tumpukan berkas tua berserakan. Fasilitas-fasilitas yang tak lagi digunakan tampak tetap dipajang di dalam maupun depan ruanagan. Tak ayal, pemandangan kurang menyenangkan tersaji dari dalam kantor gubernur. Para ASN yang kaget pun hanya bisa menunduk malu. 

“Wah bagaimana ini? Bagaimana bisa bekerja dengan nyaman kalau lingkungannya seperti ini. Apalagi banyak perempuan di kantor ini. Masa yang seperti ini dibiarkan,” ujarnya, menegur sejumlah ASN di ruangan yang didapati kurang terurus.

Perhatian turut diberikan terhadap fasilitas tua yang terbiarkan. Olehnya, para ASN diminta segera menata kembali ruangan di lingkungan. “Ini bagian dari evaluasi kinerja. Saya harap apa yang didapati sekarang langsung tidak terulang,” tegasnya.

Usai melakukan sidak, Silangen mengatakan, hal itu sebagai bahan evaluasi. Terutama mengevaluasi kebersihan dan kenyamanan di masing-masing ruangan. “Hasilnya, kami mendapati banyak yang belum bertanggung jawab. Mulai besok kepala-kepala SKPD akan bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kenyamanan ruangan masing-masing,” terangnya.

Lanjut dia, setiap minggu akan ada satgas yang bertugas melakukan evaluasi dan pemeriksaan terhadap kebersihan kantor.

Sementara itu, Kepala Biro Infrastruktur, Pengadaan Barang dan Jasa Setprov Jemmy Ringkuangan mengatakan, pihaknya akan langsung menindaklanjuti arahan sekprov.(cw-04/can)

Kirim Komentar