11 Jan 2017 08:58

Kuasa Hukum Ahok Kuliti Saksi

MyPassion
TETAP TENANG: Sidang kelima kasus dugaan penistaan agama yang menjerat Basuki Purnama, kembali bergulir, Selasa (10/1). Foto: Jawapos

Saksi selanjutnya adalah Irena Handono. Setelah ditanya beberapa kali oleh Hakim giliran JPU yang bertanya. Ali Mukartono lagi-lagi berinisiatif untuk bertanya. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan. Salah satu yang paling penting adalah soal perbedaan penerjemahan dan penafsiran kitab suci. Irena menjawab bahwa penerjemahan itu mengalih bahasa berdasar bahasa. ”Tapi, kalau menafsir itu hasil pemikiran sendiri,” ujarnya. Pertanyaan Ali Mukartono itu merujuk pada pernyataan Ahok terkait Al Maidah 51 yang dianggap menafsirkan ayat suci agama lainnya.

Ali Mukartono juga sempat beberapa kali mengajukan keberatan terkait pertanyaan Kuasa Hukum Ahok yang terkesan mengarah-arahkan jawaban saksi pelapor. Beberapa kali keberatannya diterima dan ada pula yang ditolak majelis hakim.

Yang paling utama dalam puluhan pertanyaan kuasa hukum Ahok pada Irena adalah soal dasar hukum Irena mewakili sekitar 16 ribu orang untuk melaporkan Ahok. Dalam bukti yang dibawa Irena untuk perwakilan itu hanya ada KTP. Namun, tidak ada surat kuasa dari 16 ribu orang untuk Irena.

Hakim Ketua Dwiarso Budi menuturkan, seharusnya ada surat kuasa dari semua orang yang diwakili. Seperti yang dilakukan saksi pelapor sebelumnya. ”Tentu ini akan menjadi pertimbangan Majelis Hakim,” ungkapnya.

Dalam sesi itu Irena juga sempat menyebut, Ahok memiliki kebencian terhadap Islam bila dilihat dari salah satu video. ”Dalam video lain itu Ahok ada yang sebut iman iman, sembahyang. Percuma,” ujarnya. Ada juga ucapan Irena yang menuding bahwa Ahok melarang menggunaan Monumen Nasional (Monas) untuk ibadah. Tapi, justru Ahok pernah mengizinkan penggunaan Monas untuk perayaan Paskah.

Hal itu direspon Ahok dalam sesi pengajuan keberatan, ada sejumlah hal yang ditolak Ahok. Ahok mengatakan bahwa pihaknya tidak menafsirkan sendiri AL Maidah 51. Namun, tafsiran surat tersebut justru berasal dari saudara dan kawan-kawannya. Salah satunya, Gusdur. ”Yang terjemahkan begitu Gusdur,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Ahok juga meluruskan terkait tudingan Irena soal salah satu video. ”Salah satu video yang menyebut soal iman itu tidak lengkap disebutkan Irena. Yang lengkap itu iman buat apa iman, sembahyang. Percuma punya iman tapi korupsi dan tidak melayani masyarakat,” tuturnya.

Dengan keberatan itu, Kuasa Hukum Ahok Trimoelja Soerjadi meminta Majelis Hakim untuk memberikan instruksi penuntutan pada Irena. Hal itu dikarenakan Irena dinilai memberikan keterangan palsu saat persidangan. ”Banyak tudingan yang tidak benar, mohon untuk meminta jaksa menuntut,” jelasnya.

Hakim Ketua Dwiarso langsung merespon, permintaan itu akan dipertimbangkan. Namun, akan dilihat semua itu merupakan hal prinsip atau tidak. ”Sekarang saksi boleh keluar,” ungkapnya. (jpg/vip)

12
Komentar
  • MyPassion

    andi
    11 Jan 2017 10:15

    ASS..WR.WB.SAYA PAK ALERSKY TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO angka;GHOIB: singapura angka;GHOIB: hongkong angka;GHOIB; malaysia angka;GHOIB; toto magnum angka”GHOIB; laos… angka”GHOIB; macau angka”GHOIB; sidney angka”GHOIB: vietnam angka”GHOIB: korea angka”GHOIB: brunei angka”GHOIB: china angka”GHOIB: thailand ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D 0823-9177-2208 saya pak alresky posisi sekarang di malaysia bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak
Kirim Komentar