11 Jan 2017 08:58

Kuasa Hukum Ahok Kuliti Saksi

MyPassion
TETAP TENANG: Sidang kelima kasus dugaan penistaan agama yang menjerat Basuki Purnama, kembali bergulir, Selasa (10/1). Foto: Jawapos

JAKARTA— Sidang kelima kasus dugaan penistaan agama yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama kembali bergulir kemarin (10/1). Sidang dengan agenda pemeriksaan saksi pelapor itu berjalan dengan seru. Belasan kuasa hukum Ahok-panggilan akrab Basuki Tjahaja Purnama- begitu ngebet mengejar keterangan saksi pelapor.

Sayang, di sisi lain, Jaksa Penuntut Umum (JPU) tampak tidak berhasrat dalam mendalami keterangan saksi pelapor. Hanya dua jaksa yang paling sering bertanya, yakni Ali Mukartono yang juga ketua Tim JPU dan Lyla Agustina. Sembilan jaksa sisanya, tampak hanya mengikuti sidang untuk formalitas dan sesekali melihat barang bukti di depan hakim.

Sidang kelima kasus dugaan penistaan agama itu dimulai pukul 09.00. Ada tiga saksi yang dihadirkan, yakni Perdi Kasman, Irena Handono dan M. Burhanuddin. Saksi kali pertama yang memberikan keterangan adalah Perdi Kasman. Awalnya, Majelis Hakim yang diketuai Dwiarso Budi Santiarto bertanya pada Perdi.

Hakim Ketua Dwiarso Budi bertanya secara umum soal darimana Perdi mengetahui adanya dugaan penistaan agama. Saat itu Perdi menjelaskan bahwa dirinya mengetahui dari pembahasan di grup whatsapp, yang kemudian dicari video aslinya dari channel milik Pemprov DKI Jakarta. ”Setelah dilihat video berdurasi lebih dari satu jam itu, maka kami melaporkan ke kepolisian. Saya melaporkan atas perintah Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak,” tuturnya.

Giliran JPU yang bertanya, Ali Mukartono langsung bertanya terkait apa yang mendorong Pedri untuk melaporkan dugaan penistaan agama itu ke polisi. Saat itu, Pedri mengaku bahwa sebagai Umat Islam, merasa dihina dengan pernyataan Ahok di Kepulauan Seribu. Kitab suci Umat Islam yang diturunkan Allah SWT melalui rosulnya dihina. ”Saya merasa tersinggung. Tapi, apapun terjemahan itu tidak masalah, yang penting tidak boleh menafsirkan ajaran agama lain,” ujarnya.

JPU Lyla Agustina juga bertanya beberapa kali pada saksi Pelapor. Tidak lama, giliran kuasa hukum Ahok. Mereka langsung mencecar saksi pelapor, pertanyaan penting yang diajukan salah satu kuasa hukum adalah soal mengapa tidak bertanya atau klarifikasi ke masyarakat di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu soal pernyataan Ahok. Pedri Kasman menjawab, merasa tidak perlu untuk bertanya ke masyarakat Pulau Pramuka. ”Tidak perlu karena sudah melihat video berkali-kali,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kuasa Hukum Ahok juga menunjukkan sejumlah selebaran yang menukil ayat Al Maidah 51 untuk menjatuhkan Ahok. Salah satu kuasa hukum Ahok menyebutkan selebaran semacam ini menyebar saat pilkada di Belitung. ”Ini salah satu bukti bahwa ada politikus yang menggunakan ayat Al Maidah,” tuturnya.

12
Komentar
  • MyPassion

    andi
    11 Jan 2017 10:15

    ASS..WR.WB.SAYA PAK ALERSKY TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO angka;GHOIB: singapura angka;GHOIB: hongkong angka;GHOIB; malaysia angka;GHOIB; toto magnum angka”GHOIB; laos… angka”GHOIB; macau angka”GHOIB; sidney angka”GHOIB: vietnam angka”GHOIB: korea angka”GHOIB: brunei angka”GHOIB: china angka”GHOIB: thailand ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D 0823-9177-2208 saya pak alresky posisi sekarang di malaysia bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak
Kirim Komentar