11 Jan 2017 13:10

Kena Rolling, Pejabat Tahan Aset

MyPassion
Edwin Silangen

MANADO—Serah terima jabatan kepala SKPD telah dilangsungkan, pekan lalu. Namun, hingga kini masih ada beberapa kepala SKPD yang belum menyerahkan aset dinas kepada pejabat baru. Hal itu langsung ditanggapi Sekprov Edwin Silangen.

Ia menegaskan, mantan pejabat harus menyadari fasilitas yang diberikan semasa dinas itu hanya dipinjamkan. Sehingga ketika jabatan ditinggalkan, semua fasilitas dinas harus dikembalikan. “Saya kira ini masih berdasar opini. Karena saya belum mendapat info tentang itu, tapi akan kita cek,” ungkapnya, kemarin.

Ia pun berjanji bakal menelusuri hal tersebut. Olehnya, Inspektorat bakal diperintahkan melakukan audit untuk mengetahui pejabat mana saja yang belum mengembalikan aset SKPD yang sebelumnya dipimpin. “Inspektorat akan turun menelusuri. Jika ada akan kita paksa untuk dikembalikan. Sampai ke mana pun akan kita cari,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Umum Setprov Clay Dondokambey mengatakan, masih melakukan pendataan bersama SKPD terkait dalam pembagian aset penunjang dinas para pejabat. Terutama pembagian kendaraan dinas. “Kan ada perangkat daerah baru, kita masih mengkaji terkait pembagian plat nomor dan kendaraan dinas. Serta fasilitas-fasilitas lainnya,” kata dia.

Terpisah, pengamat pemerintahan Jerry Massie berpendapat, permasalahan tersebut selalu muncul setiap kali pergantian kepemimpinan. Baginya, mantan kepala suatu lembaga ataupun instansi yang sudah nyaman dengan fasilitas yang dimiliki terkadang lupa diri.

Sehingga saat fasilitas itu harus dikembalikan, mantan pejabat seringkali merasa berat hati. “Tapi, untunglah semakin hari budaya malu ini terus tumbuh di kalangan pejabat kita. Banyak yang bahkan dengan inisiatif sendiri menyerahkan semua aset pemerintah kepada yang berhak,” tuturnya. (***)

Kirim Komentar