10 Jan 2017 10:41

Tekan Lonjakan Harga, Ayo Tanam Rica

MyPassion
Ilustrasi

Fluktuasi harga rica itu dianggap Jokowi hal biasa. Untuk saat ini, masyarakat diimbau menyiasatinya lewat substitusi. “Nggak usah beli cabai rawit. Belinya cabai yang hijau, yang merah juga pedes, sama saja,” imbau Presiden 55 tahun itu.

Pemerintah masih meyakini harga komoditas rica bisa turun. Terlebih, Kementerian Pertanian juga terus menerus menyuplai bibit rica untuk ditanam para petani. Diharapkan, suplai cabai di pasaran bisa kembali meningkat sehingga harga menjadi normal lagi.

Pengamat Ekonomi Robert Winerungan menjelaskan, kenaikan harga rica sangat berpengaruh bagi inflasi pada Januari 2017 ini. “Dan bisa berpengaruh juga bagi harga-harga barang lain yang non subsidi,” ujar Winerungan.

Kata Winerungan, biasanya pada tahun sebelumnya jarang terjadi inflasi pada Januari. “Pengaruhnya bukan karena faktor hujan. Tapi karena adanya kenaikan harga BBM. Sehingga membuat harga rica naik dan diikuti harga barang lain,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulut Soekowardojo mengatakan, BI memandang positif pencapaian inflasi Sulut sepanjang tahun lalu. Sinergitas dan gerak cepat TPID mengendalikan dan terapkan treatment tepat. “Dimaksudkan mengontrol stabilnya harga bahan pokok,” pungkas Soekowardojo.(ctr-14/har)

12
Kirim Komentar