10 Jan 2017 14:30
Masih Plt, Pelantikan Definitif Belum Jelas

SSstttt, Lima Pejabat Belum Aman

MyPassion

MANADOPOST- Terkait pelaksanaan rolling jabatan di lingkup pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, Wali Kota Tomohon Jimmy Eman memberikan penghargaan berupa promosi jabatan bagi pejabat yang bekerja dengan baik. Pernyataan itu muncul menjelang adanya pelantikan definitif bagi lima pejabat pelaksana tugas (Plt). Nasib pejabat Plt ini masih menggantung.

 "Tidak ada jual beli jabatan, kalaupun ada segera laporkan biar kita berikan penindakan," tegas Eman. Dirinya berpendapat, ada beberapa penilaian yang membuatnya tidak segan-segan menaikkan jabatan seorang pejabat. "Namanya pejabat bekerja dengan baik dan tentu memiliki loyalitas, sangatlah mudah mempromosikan pejabat tersebut," terang Eman, Senin (9/1), kemarin.

Disinggung soal rolling jabatan beberapa waktu lalu, Eman mengakui sudah melakukan sesuai prosedur. Proses penempatan ASN lingkup Pemkot telah melewati seleksi ketat. Untuk Pejabat Tinggi Pratama berdasarkan hasil pansel, dan untuk eselon III dan IV menggunakan tim seleksi job fit dan badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Baperjakat). "Kesemuanya ini menghindari intervensi sehingga penempatan benar-benar sesuai dengan kemampuan," lanjutnya.

Dirinya pun menambahkan, apabila ditemukan oknum ASN yang melakukan praktek jual beli jabatan, mereka akan menerima sanksi tegas. "Laporkan bila ditemukan, sanksi tegas dan proses hukum menanti bagi oknum yang melakukan praktek tersebut," tukasnya.

"Bekerja dengan penuh tanggung jawab dibarengi loyalitas, niscaya akan peroleh promosi maupun apresiasi lainnya," sambung wali kota yang ramah dengan wartawan ini. Menurut sumber terpercaya koran ini, akan ada pelantikan untuk pejabat III dan IV. Mengingat beberapa waktu lalu ada lima pejabat yang masih menjabat pelaksana tugas (Plt), yakni Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Sekretaris DPRD Tomohon dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik hingga Kepala Dinas Sosial.

"Dalam waktu dekat kemungkinan mereka (Plt) juga akan didefinitifkan," singkat pejabat teras Pemkot Tomohon ini. Sejumlah warga Kota Bunga pun merespon positif penyegaran jabatan yang dilakukan untuk lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. "Apalagi ke depan, Pemkot akan menerapkan pelayanan publik dalam satu atap. Semoga rancangan ini lebih memudahkan pengurusan administratif yang melibatkan sejumlah SKPD," harap pemerhati Kota Pendidikan ini.(cw-06/vip)

Kirim Komentar