10 Jan 2017 07:07
Persaingan Internal Parpol Bakal Panas

Pilkada 2018 Banjir Calon

MyPassion

MANADO – Enam kabupaten/kota di Sulut 2018 mendatang akan menjadi peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada). Pesta demokrasi yang dijadwalkan digelar Juni 2018 itu memang masih cukup lama. Tapi, euforianya mulai terasa sejak awal 2017 ini. Minahasa, Minahasa Tenggara, Kepulauan Talaud, Kepulauan Sitaro, Bolmut, dan Kota Kotamobagu adalah daerah yang mendapat giliran menggelar Pilkada 2018. Di masing-masing daerah persaingan mulai terlihat. Diprediksi, masing-masing daerah bakal kebanjiran calon. Yang dibandingkan dengan 2017 ini, dari dua daerah peserta Pilkada, masing-masing hanya dihiasi dua calon.

Selain Sitaro, lima daerah lain masih memungkinkan para incumbent bertarung. Dengan begitu, 2018 ini menjadi kesempatan terakhir mereka melakukan pencitraan ‘gratis’ melalui program unggulan. Sejumlah kepala daerah mulai membeber keberhasilan dan program kemasyarakatan yang bakal dilakukan tahun ini. Selain memang sudah jadi tugas mensejahterakan rakyat, momen tersebut bisa dijadikan ajang kampanye, persiapan Pilkada 2018. Di samping itu, incumbent pun mulai menguatkan fondasi birokrat untuk mempertahankan posisi mereka 2018 mendatang.

Dengan begitu, para pesaing incumbent harus benar-benar mempersiapkan amunisi untuk bertarung, ‘perang’ pencitraan, agar elektabilitas bisa terdongkrak. Bahkan kalau bisa menyaingi incumbent.

Misalnya saja di Kabupaten Minahasa. Incumbent Bupati Jantje Wowiling Sajow bakal ‘dikeroyok’ sejumlah nama lama. Misalnya saja Hangky A Gerungan dan Careigh Runtu. Pasangannya lima tahun silam, Ivan Sarundajang pun bisa jadi pesaing. Kemudian ada nama baru yang digadang-gadang bakal bertarung. Yakni Robby Dondokambey, kakak Gubernur Olly Dondokambey dan Glady Kandouw adik Wagub Steven Kandouw. Kemudian Youla Lariwa mulai memperkenalkan diri. Nama lain yang bermunculan di bursa calon Wabup adalah Jeffry Korengkeng, Sekkab Minahasa saat ini.

123
Kirim Komentar