10 Jan 2017 13:24

Lomban Beber Delapan Calon Sekkot Bitung, Dua Nama Menguat

MyPassion

BITUNG—Teka-teki siapa yang bakal menjadi sekretaris kota (sekkot) Bitung definitif mulai mengerucut. Delapan nama (lihat grafis) dibeber Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban yang bakal mendampingi dia dan wakilnya Maurits Mantiri.

“Nama-nama tersebut merupakan hasil seleksi assessment dan tes administrasi yang diadakan pada waktu lalu. Mereka kemudian akan kembali mengikuti ujian kompetensi lewat presentasi makalah dan wawancara Rabu (11/1),” ujar Lomban, kemarin (9/1).

“Dari hasil ini selajutnya akan dikoordinasikan kepada Gubernur Sulut guna mendapat persetujuan lebih lanjut,” katanya.

Sementara itu, dari delapan nama calon sekkot tersebut, disebut-sebut ada dua nama yang paling potensial. Kedua pejabat eselon II itu yakni Ferdinand Tangkudung dan Audy Pangemanan.

Menurut sejumlah PNS di internal pemkot Bitung, kedua pejabat ini yang walaupun tergolong muda dibanding sejumlah calon lain, tapi memiliki kompetensi. “Tidak mengesampingkan yang lain, tapi keduanya yang paling menonjol. Baik dari sisi kemampuan memimpin, kompetensi, dan karakter. Keduanya juga paham dengan visi-misi Pak Wali dan Wawali,” ujar sumber.

Pengamat pemerintahan Donal Bentian mengatakan, siapa pun yang menjadi sekkot nanti, yang terpenting mampu menjabarkan visi-misi user. “Yang bersangkutan juga harus cakap dalam dunia birokrasi, serta mampu menjadi panglima SKPD. Delapan nama itu saya melihat semua punya peluang. Tinggal bagaimana performa dalam tes lanjutan,” katanya.(cw-01/can)

Kirim Komentar