09 Jan 2017 09:39

Wah!!Guru Filipina Serbu Minut

MyPassion
Ilustrasi Guru

MANADO—Tenaga kerja asing (TKA) makin memadati Sulut, walau masih terbilang kecil dari total angkatan kerja. Hingga Desember 2016 lalu, tercatat oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Sulut, sebanyak 80 TKA. Dari sebelumnya hanya 67 TKA pada September lalu.

Kebanyakan TKA berasal dari Filipina, yaitu 39 orang. Mereka mengambil bagian pada sektor pendidikan di Minahasa Utara. Kepala Disnakertrans Sulut Erni Tumundo menerangkan, semua data yang telah masuk sepanjang 2016 memang didominasi dari negara Rodrigo Duterte tersebut. “Kebanyakan TKA juga sudah melakukan permohonan perpanjangan,” ungkap Tumundo, pekan lalu.

Khusus di sektor pendidikan, ada 30 guru sekolah dasar (SD), tujuh guru sekolah menengah pertama (SMP), lima guru sekolah menengah atas (SMA), dan enam guru mata pelajaran. Semua tenaga pendidik tersebut berada di bawah binaan sebuah yayasan di Manado dan beroperasi di Minut .

Selain TKA asal Filipina, ada beberapa juga berasal dari Inggris, Amerika Serikat, Taiwan, Korea Selatan, Singapura, India, Italia, Uganda,  Etiopia, Belanda, Kanada, dan Jepang. Masing-masing bekerja di bidang industri, jasa, perdagangan dan adapula rohaniawan. (*/har)

Kirim Komentar