09 Jan 2017 13:18

Penerimaan Pajak Turun

MyPassion

MANADOPOST— Satuan Administrasi Satu Atap (Samsat) Mitra berhasil mengumpulkan Rp 12,8 miliar (lihat grafis). Jumlah itu merupakan keseluruhan  pendapatan dari biaya pengurusan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) serta pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)  2016. Pihak Samsat mengklaim capaian tersebut sudah sesuai target. "Kami capai target," ungkap salah satu personel Samsat Mitra yang menolak namanya dikorankan, Jumat (6/1).

Menurutnya, capaian itu tidak terlepas dari upaya personel Samsat menggelar sosialisasi kepada masyarakat agar sadar membayar pajak. "Salah satu upaya melalui pengarahan kepada warga supaya sadar dan taat bayar pajak kendaraan," ungkap pria ini.

Kendati demikian, salah satu aktivis di Mitra, Vidi Ngantung beranggapan, performa Samsat Mitra sebetulnya menurun. "Informasi yang saya peroleh, target pendapatan Samsat Mitra Tahun 2014 saja sudah mencapai Rp 14,5 miliar dan naik Rp 15,4 miliar pada 2015. Berarti ada indikasi penurunan. Dengan demikian bagi hasil dari pendapatan Tahun 2016 ke daerah juga bisa dikatakan kecil, yakni hanya sekira Rp 3,8 miliar sebagaimana aturan 30 persen ke daerah dan 70 persen ke provinsi," nilai Ngantung.(gre/gel)

Kirim Komentar