09 Jan 2017 08:13

Oh Ini Penyebab Angin Disertai Hujan Hantam Sulut

MyPassion
BERSIH-BERSIH: Petugas dibantu warga membesihkan pohon tumbang di Sario. Foto: Paul Bawole/MP

MANADOPOST—Angin dengan kecepatan di Atas 60 km/jam disertai hujan deras menghantam Sulut, Minggu (8/1) pukul 12.30 kemarin. Angin kencang tersebut menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), efek dari awan konvektif atau Cumulonimbus (CB) yang berada di atas laut Sulawesi, tepatnya di sebelah barat Manado.

Awan ini melepaskan energi yang mengakibatkan angin kencang dan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Angin kencang ini mengakibatkan pohon tumbang di beberapa daerah di Sulut.

Verifikator BMKG Sutikno mengatakan, untuk hari ini (9/1) warga harus tetap waspada dengan cuaca ekstrim. Walaupun hanya berpotensi hujan dengan intensitas ringan dengan kecepatan angin 10-20 km/jam.

“Namun masih akan terus dirilis, mengingat kondisi ekstrim yang akan terjadi. Belum dipastikan akan terjadi angin kencang seperti Minggu (8/1) ini,” katanya.

Lanjut Sutikno, potensi hujan lebat dan angin kencang masih akan terjadi sepanjang Januari. “Jadi harus terus waspadai pohon tumbang, bersihkan drainase dan waspada masyarakat di bantaran sungai dan daerah perbukitan,” ungkapnya.(Tim MP/can)

Kirim Komentar