09 Jan 2017 13:37

Horor!!RSUD Bolmong Disebut `Berhantu`

MyPassion
ilustrasi.net

MANADOPOST—Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datoe Binangkang, hingga kini belum juga beroperasi. Padahal, bangunannya sudah berdiri. Bahkan, November 2016 lalu sudah dipastikan untuk pindah dari Kotamobagu ke Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Ketidakpastian tersebut membuat masyarakat Bolmong kecewa. “Bangunan RSUD sudah ada. Apalagi yang ditunggu? Padahal sekarang sudah tahun 2017, kami sangat kecewa, selama ini kami harus menempuh jarak yang jauh ke Kotamobagu, Manado, dan Gorontalo untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang baik,” kritik Kholil Buhohang, Tokoh Pemuda Bolmong.

Sebagian warga pun tak segan-segan mengklaim bangunan tersebut tidak layak disebut RS lagi, melainkan ‘rumah hantu’. “Sebab ada bangunannya tapi belum ditempati, yang ada hanyalah menampung makhluk halus, jadi lebih cocok disebut rumah hantu saja,” tambah Vera Paputungan yang mengaku warga Bolmong.

Terpisah, saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dr Rudiawan mengatakan sampai saat ini, listriklah masih menjadi kendala belum pindahnya RS ini. “Sebenarnya ini memang sudah waktunya pindah, tapi karena tidak ada aliran listrik membuat RS belum bisa dipindahkan. Tapi kami segera upayakan agar hal ini bisa segera teratasi,” jamin Rudiawan.

Terkait keluhan tersebut, Asisten Manajer Pembangkit Tenaga Listrik Area Kotamobagu Ida Putu, menyebutkan jika pihaknya diundang pemkab terkait belum adanya aliran listrik di RS tersebut. “Ya karena itulah kami mendapat panggilan. Saya juga belum tahu pasti apa yang menjadi kendala sampai saat ini belum adanya listrik di sana,” kata Putu.

Lanjutnya, pihaknya akan mengecek apa yang masih menjadi kendala di lapangan. “Saya akan langsung memeriksa ke lapangan sampai ke administrasi, apa yang menjadi kendala kenapa listrik belum bisa dipasang. Selain itu saya belum bisa berkomentar lebih,” pungkas Putu.(cw-03/gnr)