07 Jan 2017 10:33
Pembayaran Lelang Tak Dilunasi

Ssssttttt, Mantan Wabup Enggan Kembalikan Mobnas

MyPassion
Ilustrasi

TAHUNA—Wantan Wakil Bupati (Wapub) Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana (JEG) diinformasikan tidak melunasi pembayaran lelang mobil dinas (mobnas) bernomor DL 26 milik Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Kendaraan ini sebelumnya sudah dilelang Desember 2015.

Atas dasar itu, Sekretaris DPRD Kabupaten Sangihe, melalui Novi Julintiana SH MH langsung mendatangai kediaman JEG akhir tahun 2016 guna menarik kendaraan itu. "Kami sudah mendatangi kediaman JEG untuk menarik mobil tersebut, tetapi JEG bersikeras tidak mau mengembalikan mobil tersebut. Dia beralasan yang bisa menarik mobil Itu hanya Inspektorat bukan SKPD yang bersangkutan,” ungkap Julintiana, kepada harian ini, kemarin.

Penarikan tersebut bukan tanpa alasan. Penyebabnya kata Julianta mobil itu tidak dilunasi pembayaran lelang selama satu tahun lebih, maka ditegaskannya sesuai dengan aturan SKPD yang bersangkutan bisa menarik mobil tersebut. "Dan Sekretariat DPRD yang menarik mobil tersebut karena tercatat sebagai aset DPRD,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Aset Dinas PPKAD yang juga sebagai Ketua Tim Panitia Lelang Cerry Londoh, sebelumnya membenarkan kalau DL 26 dilelang pada tahun 2015 lalu, kemudan baru disetor jaminan sebesar Rp 8 juta. Tapi hingga pada batas waktu yang ditentukan, belum juga melakukan pelunasan terhadap hasil lelang Rp 70 juta. "Karena tidak melunasi, maka uang jaminan secara otomatis masuk kas negara dan kendaraannya ditarik melalui SKPD yang bersangkutan yaitu Sekretariat Dewan. Sebab mobilnya masuk aset DPRD,” tandasnya.(ite/gnr)

Kirim Komentar