07 Jan 2017 10:42

Eman: Pak Poli ke Provinsi, Bisa Dibarter dengan Kawatu

MyPassion
Jimmy Eman

MANADO- Transfer antar pejabat kian marak di Sulut. Setelah diterapkannya PP 18/2016, tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, membuat beberapa jabatan dipangkas. Akibatnya, tiga mantan sekretaris daerah (sekda) Manado, Minut dan Tomohon ‘nonjob’. Tak terkecuali, eks mantan Sekretaris Kota (Sekkot) Tomohon Dr Arnold Poli.

Berhembus kabar, Poli akan dibarter dengan Karo Hukum Sekretariat Daerah Glady Kawatu SH MSi. Nama wanita cantik asal Minahasa Selatan ini, sempat disebut Wali Kota Tomohon Jimmy Eman SE Ak.

Kawatu sendiri, beberapa kali menjabat sejumlah posisi penting di Kabupaten Minahasa era Stefanus Vreeke Runtu. Perempuan murah senyum ini, bakal menempati posisi asisten administrasi umum, yang sebelumnya diduduki Sekkot Tomohon saat ini, Ir Harold Lolowang. "Pak Poli bakal merapat ke provinsi dan bisa jadi dibarter dengan Glady Kawatu," ujar Eman.

Apakah memang ada permintaan atau instruksi khusus sehingga yang akan dibarter, Eman belum memberikan komentar lebih. Muncul spekulasi dari sejumlah pengamat pemerintahan Kota Tomohon terkait hal tersebut. "Kawatu sempat mentereng di Minahasa, untuk berkarya di Tomohon rasanya tidak akan sulit baginya untuk beradaptasi," ungkap warga.

Sementara itu, peluang Poli terbuka lebar. Pasalnya, ada 12 jabatan kosong di kabinet baru Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK). “Ya, semua berpeluang termasuk para sekda dan mantan sekda. Jabatan yang ada terbuka bagi siapa saja ASN yang berpotensi termasuk mereka,” beber Olly, belum lama ini. (***)

Komentar