06 Jan 2017 12:09
Sangian: Tidak Diperjualbelikan

Kelompok Tani di Mitra Bakal Terima 300 Ribu Bibit Cengkih

MyPassion
Ilustrasi

RATAHAN — Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Pertanian berambisi menjadikan cengkih sebagai komoditas andalan. Tak kurang dari 300 ribu bibit cengkih akan dibagikan cuma-cuma kepada seluruh kelompok tani di Mitra pada 2017 ini. "Selain cengkih, ada 70 ribu bibit pala dan 40 ribu bibit kelapa," ungkap Kepala Dinas Pertanian Elly Sangian, Kamis (5/1).

Sangian mengatakan, penyaluran bibit diperkirakan dimulai awal September hingga Oktober 2017. Dikatakannya, nama-nama kelompok tani calon penerima bantuan pertanian tersebut  sudah diterima pihak Dinas Pertanian sejak 2016 lalu. "Jadi sekarang tinggal proses verifikasi lagi, selanjutnya ada proses peninjauan lahan dan tender," kata Sangian.

Dijelaskannya, penyaluran bibit bagi kelompok tani adalah bagian dari komitmen Bupati James Sumendap dalam upaya menyejahterakan masyarakat. "Ini program Pak Bupati kita. Dan diharapkan nantinya bibit pertanian dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan tidak untuk diperjualbelikan," tambah Sangian.

Sementara itu, sejumlah masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani menilai, program penyaluran bibit pastinya akan sangat bermanfaat. "Cengkeh menjadi primadona pertanian, sampai-sampai banyak petani harus membeli bibit cengkih. Jadi terima kasih jika ada program seperti ini," pungkas Hanny Gosal, warga Tombatu.(gre/gel)

Kirim Komentar