05 Jan 2017 09:59

Ranperda Budaya dan Bahasa Sudah Siap

MyPassion
DIRAMPUNGKAN: Rapat koordinasi antara pimpinan dewan dan fraksi beberapa waktu lalu dengan Bapemperda, yang membahas mengenai ranperda. foto: Angel/MP

MANADO —  Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sulut tahun ini harus kerja ekstra. 18 ranperda yang ditargetkan selesai 2017 bukan hal yang mudah. Ketua Bapemperda Boy Tumiwa menyadari hal ini. “Memang harus kerja keras. Bukan hanya kami, Bapemperda. Tapi teman-teman anggota lain juga harus bekerjasama menuntaskan target ini,” sebut mantan Ketua DPRD Minsel ini.

Dia memaparkan, dari enam ranperda inisiatif DPRD, dua di antaranya sudah hampir tuntas. Yakni Ranperda Budaya dan Ranperda Bahasa. “Karena sudah dikerjakan dari tahun lalu. Termasuk juga Ranperda tentang Pohon. Hampir rampung,” ujarnya. Diketahui, 2016 lalu DPRD Sulut menuntaskan Perda Badan Usaha Milik Daerah (ranperda inisiatif). Kemudian DPRD juga berhasil menetapkan Perda Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Perda RPJMD, serta sejumlah perda rutin.

2017 ini, ranperda inisiatif DPRD di antaranya Perubahan Perda tahun 2013 tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol, Ranperda tentang Bahasa Daerah, Ranperda tentang Kebudayaan Daerah, Ranperda Perlindungan dan Pemberdayaan UMKM di Sulut, Ranperda Pengendalian Pohon, serta Ranperda Fakir Miskin dan Anak Terlantar di Sulut.(gel)

Kirim Komentar