04 Jan 2017 13:34

Tiga Desa Nyaris Terisolir, BPBD Hanya Mengimbau

MyPassion
NYARIS PUTUS: Jalan penghubung Desa Raanan Baru-Tondey yang tertimbun longsor, membuat tiga desa nyaris terisolir. Foto: Jesika Tambajong/MP

MANADOPOST- Tiga desa di Kecamatan Motoling Barat nyaris terisolir. Pasalnya, hujan yang terjadi beberapa hari terakhir mengakibatkan longsor di beberapa tempat. Diantaranya, Desa Tondey, Desa Toyopon, dan Desa Kroit. Demikian juga jalur Kapitu (Amurang) sampai Motoling hingga Tompasobaru. Ada sejumlah titik tertimbun longsor. Begitu juga di ruas jalan di Kecamatan Tareran.

    Maykel Mokalu, tokoh masyarakat Minsel meminta pemerintah kabupaten, dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk turun dan melakukan antisipasi, sehingga tidak terjadi longsor lebih besar. "Apalagi ada sejumlah titik pelebaran jalan di wilayah Motoling Raya yang belum dibangun talud dan tanggul. Jika, tidak segera diantisipasi, takutnya akan menimbulkan bahaya lebih besar lagi terhadap masyarakat," ujar Mokalu.

    Sementara itu, Kepala BPBD Minsel Hendrie Komaling mengatakan, pihaknya segera menindaklanjuti setiap laporan dari masyarakat. Selain itu, ia mengimbau pengguna jalan untuk tetap waspada dengan cuaca saat ini. "Jika memang hujan deras dan angin kencang, ada baiknya masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan. Mengingat bencana-bencana yang akan terjadi di jalan," kunci Komaling. (jes/vip)

Kirim Komentar