04 Jan 2017 12:51

Begini Wejangan Toga di Sulut Menjalani Tahun 2017

MyPassion

MANADO–Tahun 2016 sudah berlalu. Kini kita tapaki tahun baru, tahun 2017. Menjalani berbagai hal dalam kehidupan, semua orang punya harapan masing-masing. Supaya lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Para tokoh agama (Toga) pun memberikan wejangan bagi masyarakat, mewakili tiap agama yang ada di Bumi Nyiur Melambai ini.

Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM Pdt Dr HWB Sumakul menginginkan kerukunan antar umat beragama yang telah tercipta, terus dilanjutkan. “Begitu juga antar denominasi gereja dan agama lain, kiranya dapat memelihara kerukunan ini,” ujarnya.

Masih adanya tindak kriminalitas, Pdt Sumakul mengimbau agar masalah-masalah seperti kekerasan dalam rumah tangga, narkoba, trafficking, miras, kekerasan seksual, pencurian, penipuan, dan lainnya, sikap gereja diperlukan untuk menanggulanginya.

“Selaku tokoh agama meminta jemaat untuk bekerja sama mengatasi hal tersebut,” tuturnya. Sumakul menambahkan, orang Kristen harus punya sikap untuk tidak melakukan hal-hal jahat lagi. Supaya hidup lebih berkualitas dan terus merasakan anugerah Tuhan.

Uskup Manado Mgr Josef Suwatan MSC mengharapkan, pemerintah semakin mewujudkan keadilan dan kesejahteraan secara merata. “Begitu pula peningkatan dan perbaikan pelayanan publik,  penegakan hukum, pembangunan infrastruktur, dan peningkatan kualitas pendidikan,” ucapnya.

Uskup Suwatan mengimbau, semua pihak harus memperhatikan dan memperbaiki permasalahan kekerasan bernuansa suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). Termasuk masalah korupsi, narkoba dan pungli. Itu patut dijauhi selaku orang yang beriman. “Bagi mereka para pelaku keburukan ini, semoga cepatlah sadar diri dan mau bertobat. Sehingga tak merugikan kehidupan generasi masa depan anak bangsa,” paparnya.

12
Kirim Komentar