03 Jan 2017 08:03

Pendemo Pro-Kontra Ahok Dipisah

MyPassion
SIAP PEMBELAAN: Sidang ketiga kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Purnama alias Ahok bakal digelar hari ini, di ruang Auditorium Kementerian Pertanian di Ragunan Jakarta Selatan. Tampak Ahok saat berdiskusi bersama tim kuasa hukum. Foto: AFP Photo

JAKARTA- Sidang ketiga kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama bakal digelar hari ini, di ruang Auditorium Kementerian Pertanian di Ragunan Jakarta Selatan. Polri memastikan siap mengantisipasi ancaman keamanan dengan eskalasi tinggi, dalam sidang kontroversial itu yang beragenda pemeriksaan saksi-saksi.

Kapolres Jakarta Selatan Kombespol Iwan Kurniawan menuturkan, memang melihat potensi ancaman dalam sidang ini, aparat telah bersiap dengan ancaman seperti apapun. Baik, ancaman dengan eskalasi rendah hingga yang tinggi sekalipun. "Karena itu pengamanan sudah disiapkan sejak Senin Malam," terang Iwan ditemui di Auditorium Kementan, kemarin.

Untuk personil yang dikerahkan mencapai 2.500 petugas. Namun, jumlah personil jauh lebih banyak lagi juga disiapkan untuk mengamankan apapun ancaman yang ada. "Untuk kepentingan keamanan tidak bisa saya sebut jumlah semua personil yang di luar 2.500 itu," ungkapnya.

Yang pasti, Polri telah berkoordinasi dengan pihak yang kontra dan pro dengan Ahok. Untuk Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI juga telah dikomunikasikan untuk rencana aksi yang akan dilakukan. "Jumlah massa yang demonstrasi banyak, kami tempatkan di luar semua," jelasnya.

Namun, juga ada aksi massa dari pendukung Ahok. Kondisi itu membuat Polri memutuskan memisahkan lokasi aksi antara kedua massa tersebut. "Lokasi kedua aksi terpisah, jaraknya nanti akan diatur," terang polisi dengan tiga melati di pundak tersebut.

Yang pasti, tidak akan diperbolehkan massa yang melakukan aksi masuk ke dalam halaman ruang Auditorium Kementan. Halaman Auditorium steril dari semua aksi. "Hanya pengunjung biasa yang boleh masuk ke halaman ya," terangnya

12
Kirim Komentar