03 Jan 2017 11:44

`Pasiar Pake Bendi` Tradisi Mengakar di Langowan

MyPassion
MERIAH: Tradisi budaya ‘Nae Bendi’ di Langowan masih mengakar. Seluruh masyarakat tampak ramai di jalan dan menaiki kendaraan tradisional Minahasa ini hanya untuk melakukan agenda pasiar ke kerabat atau sanak saudara. Foto: Rienly Gijoh/MP

MANADOPOST – Tradisi unik dilakukan warga Langowan di saat perayaan Tahun Baru. Tradisi yang sudah mengakar bertahun-tahun ini dijaga terus kelestariannya oleh warga. Tradisi ini yaitu pasiar (bersilahturahmi, red) menggunakan bendi (delman, red). Pasiar menggunakan bendi ini sendiri sudah menjadi budaya warga Langowan.

“Ya, setiap tahun jika ingin pasiar atau berkunjung ke sanak saudara dan kerabat untuk  memberi selamat tahun baru, biasanya kita menggunakan bendi,” sebut Jimmy, salah satu warga Langowan. “Tradisi ini sudah kami lakukan setiap tahun,” tambahnya.

Hal ini pun menjadi keunikan tersendiri bagi Kota Langowan. Karena, di jalan tampak jarang telihat kendaraan lalu-lalang. Hanya bendi yang mengitari sudut kota. “Budaya ini kita akan pertahankan terus agar nanti bisa menjadi tradisi hingga ke anak cucu,” kata Fernando, warga setempat yang sudah merasakan bagaimana tradisi ini dilakukan setiap tahun. “Kami bangga dengan tradisi  ini, semoga nanti terus diturunkan dan tidak akan pernah hilang,” harapnya. (ctr-07/fgn)

Kirim Komentar