28 Des 2016 13:30
Menteri Rini: Bisa Sampai Pasar Internasional

Bitung Miliki Rumah Kreatif BUMN

MyPassion
DITOPANG PEMERINTAH: Menteri Rini bersama Wali Kota Bitung Max Jonas Lomban, Wakil Wali Kota Maurits Mantiri serta dirut dan direktur sejumlah BUMN, usai peresmian rumah kreatif BUMN di Madidir Unet, Kecamatan Madidir. Foto: Humas Pemkot

MANADOPOST—Menteri BUMN Rini Sumarno Selasa (27/12) meresmikan rumah kreatif BUMN di Madidir Unet, Kecamatan Madidir. Peresmian ini disaksikan Wali Kota Bitung Max Jonas Lomban, Wakil Wali Kota Maurits Mantiri, dan Ketua TP-PKK Bitung Khouni Lomban-Rawung.

Dalam sambutan Sumarno mengapresiasi Pemkot Bitung yang telah menyiapkan lahan dan bangunan untuk dijadikan sebagai rumah kreatif. Menurutnya, rumah kreatif merupakan tempat promosi hasil usaha kecil menengah mikro.

"Kita mendorong usaha kecil menengah, bagaimana mereka makin meningkatkan usahanya memperbaiki diri," kata Sumarno sambil menambahkan bisa dikelolah sampai ke pasar internasional.

Rumah Kreatif BUMN ini, memiliki empat ruangaan utama, yakni registrasi, konsultasi, pelatihan dan ruang display. Ruang registrasi digunakan untuk mendaftarkan dan analisis kompetensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pada ruang tersebut, kata dia, dilengkapi dengan perangkat personal computer (PC) untuk mengakses situs rbk.id. Ruang konsultasi untuk UMKM dan proses digitalisasi produk dilengkap perangkat PC dan televisi untuk mengakses situs belanja.com.

Menurut dia, usaha UMKM di RKB tersebut selain mendapatkan pembinaan dan pelatihan, juga langsung memasarkan produknya secara online melalui situs blanja.com.

Dengan pemanfaatan situs itu, sebagai etalasi online, penjual tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. “Jual produk melalui situs blanja.com memiliki jangkauan pemasaran produk lebih luas dan manajemen usaha efektif. Sehingga dapat meningkatkan daya saing bukan hanya di lokal tetapi juga di mancanegara,” kata Rini.

12
Komentar
Kirim Komentar