27 Des 2016 13:05

Ini Nih Penjelasan Jokowi Terkait Tenaga Kerja Asing di Indonesia

MyPassion
Presiden Joko Widodo

MANADO-Presiden Joko Widodo kembali membantah masuknya jutaan Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia. Pria yang biasa dipanggil Jokowi itu mengaku, jumlah tenaga kerja asing di Nusantara tak lebih dari puluhan ribu. Disebutkan Jokowi, pada dasarnya tenaga kerja asing hanya didatangkan saat awal pembangunan suatu proyek.

Selanjutnya, akan dikerjakan tenaga kerja lokal. "Mereka (tenaga kerja asing) hanya membantu persiapan (awal pembangunan proyek)," kata Jokowi di acara peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong Unit lima dan enam serta PLTP Ulubelu Unit tiga di Kecamatan Tompaso, Minahasa, Selasa (27/12).

Saat pekerja asing itu bekerja, sambung dia, tenaga kerja Indonesia sedianya bisa menjiplak keahlian maupun teknologi mereka. "Itu ada transfer pengetahuan dan teknologi. Lalu mereka pulang (ke kampung halaman)," imbuhnya. Alasan tenaga kerja asing langsung pulang ke negara mereka, kata Jokowi, adalah gaji yang kecil di Indonesia.

Sehingga, akan lebih masuk akal jika mereka pulang mengais rezeki di tempat kelahiran. Selain itu, orang nomor satu di Indonesia itu berujar bahwa alasan lain sedikitnya pekerja asing lantaran faktor keluarga. "Mereka (tenaga kerja asing) senang kerja di negara mereka sendiri karena dekat dengan keluarga," tukasnya. (uya/JPG)

Komentar
Kirim Komentar