27 Des 2016 11:28

3.500 Pasukan Jaga Jokowi

MyPassion
JAMIN KEAMANAN: Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito selaku Panglima Komando Operasi (Pangkoops) Pengamanan RI-1 dan Kapolda Irjen Pol Bambang Waskito sebagai Wapangkoops memeriksa pasukan untuk pengamanan RI-1, di Markas Kodam XIII/Merdeka, kemarin pagi. Foto: Paul Bawole/MP

MANADO — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akan merayakan Natal Nasional di Wale Ne Tou, Tondano, Selasa (27/12) hari ini. Untuk menjaga orang nomor satu di republik ini, 3.500 pasukan gabungan TNI-Polri diturunkan. Hal ini dikatakan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito usai apel gelar pasukan pengamanan VVIP Kunjungan Presiden RI di Lapangan Upacara Makodam XIII/Merdeka, Senin (26/12) kemarin, pukul 09.30.

Warsito menyebutkan, kunjungan Jokowi beserta rombongan ke Sulut ini harus berjalan dengan aman, tertib dan lancar. “Pengamanan VVIP ini harus kita persiapkan dengan sebaik-baiknya, agar pasukan pengamanan yang disiapkan benar-benar memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing, sehingga siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi,” ujar Panglima Komando Operasi Pengamanan Jokowi ini.

Lanjutnya, setiap personel perlu memahami cara bertindak yang benar dan tepat sesuai prosedur taktis yang ditentukan. Sehingga menghadapi situasi yang berkembang sewaktu-waktu, dapat dilakukan cepat, tepat dan tuntas.

Dia juga mengingatkan setiap prajurit menyiapkan mental, fisik dan perlengkapan sebaik-baiknya. “Tegakkan disiplin dan pedomani protap pengamanan VVIP. Hindari tindakan yang tidak simpatik, yang tidak mencerminkan perilaku seorang prajurit. Waspadai dan monitor daerah-daerah rawan, baik di obyek kunjungan maupun sepanjang rute. Antisipasi dan kedepankan tindakan preventif,” ujarnya.

Dia juga meminta prajurit bertindak secara sigap, cepat, tepat dan penuh perhitungan. Terutama dalam mengambil keputusan terhadap setiap permasalahan yang berpotensi ancaman.

“Pelihara kebersamaan dan tingkatkan kerjasama serta koordinasi antara satuan yang tergabung dalam satuan pengamanan VVIP, demi kesuksesan tugas pengamanan ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito yang juga selaku Wakil Panglima Komando Operasi mengatakan, satuan tugas personel gabungan TNI-Polri ini telah siap. Seluruh personel sudah tahu tugas dan tanggung jawab serta tuntutan koordinasi satu sama lain. Para pasukan TNI-Polri pun akan tersebar diberbagai lokasi-lokasi penjagaan. “Dan nanti penanganan mobile akan ada jikalau Presiden melakukan kegiatan membagi-bagikan kaos kepada masyarakat ataupun buku terhadap anak-anak di jalanan nanti,” tutupnya.(ctr-20/can)

Kirim Komentar