24 Des 2016 07:31

Diduga Milik Salah Satu Paslon, Panwas-Polres Sita Puluhan Karung Beras

MyPassion

MANADOPOST—Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sangihe mengamankan puluhan karung beras yang akan disalurkan ke masyarakat dari salah satu partai. Pasalnya, bagi- bagi beras tersebut disinyalir ada nuansa politik dari salah satu pasangan calon (Paslon). “Masa mau bagi beras tanggal begini, ini kan aneh. Untuk itu kami meminta pihak aparat hukum dan panwas untuk bertindak,” ujar sejumlah warga.

Ketua Panwaslu Kabupaten Sangihe, Sendrianto Sentinuwo di konfirmasi sejumlah wartawan Jumat kemarin menjelaskan, petugas Panwas Kecamatan Tahuna telah menemukan ada sekitar 3 karung beras yang ada di Kelurahan Manente, kemudian ada juga puluhan karung beras di Towo’e, Kelurahan Sawang Bendar yang akan dinaikan ke kapal menuju Kampung Tatoareng yang langsung di amankan.

“Jadi sebagai panitia pengawas kami langsung mengambil tindakan pengamanan terkait dengan masalah ini. Apalagi tadi (kemarin, red) sudah ada reaksi dari masa, sehingga kami mengambil tindakan mengamankannya,” ungkap Sentinuwo.

Lanjut dikatakannya, saat ini pihaknya masih melakukan klarifikasi terhadap pihak yang mengaku sebagai pemilik dari beras- beras ini. “Kami saat ini sementara melakukan klarifikasi dengan sentra Gakumdu, dimana Gakumdu didalamnya ada Kepolisian dan juga Kejaksaan. Dan dari hasil klarifikasi ini, hasilnya akan di sampaikan semua secara terang benderang bahwa hasil klarifikasi maupun gelar perkara sentra Gakumdu itu akan disampaikan,” tegasnya.

Untuk itu dirinya meminta semua pihak untuk menerima hasil dari gelar perkara Sentra Gakumdu, karena sampai saat ini pihak Panwaslu Sangihe sudah melakukan dengan maksimal.

Sementara itu salah satu pemilik puluhan karung beras ini mengaku, pembagian beras ini merupakan hal biasa yang dilakukan salah satu partai menjelang hari Natal seperti sekarang ini. “Ini sudah setiap tahun kami membagikan ke masyarakat bukan nanti ada Pilkada. Karena biasanya kami bagikan coco cola atau bahan untuk membuat kue. Apakah ini salah?,” ujar pemilik beras.

Untuk diketahui penemuan beras yang di amankan pihak Panwaslu di antaranya di Kelurahan Manente dan di Towo’e Kecamatan Tahuna. Sebelumnya, sehari sebelumnya Polres Sangihe juga mengamankan puluhan beras di Kelurahan Tapuang Kecamatan Tahuna Timur dan di Kelurahan Kolongan, Kecamatan Tahuna Barat.(ite/gnr)

Kirim Komentar