22 Des 2016 11:03

24 Desember Puncak Penumpang Angkutan Kota

MyPassion
BAKAL PADAT: Terminal Tondano akan dibanjiri penumpang yang datang untuk pulang kampung merayakan Natal. Ada dua bus dari total empat armada yang disiapkan Dishub Minahasa. Dua lainnya di Terminal Kawangkoan dan Langowan. Foto: Foggen Bolung/MP

TONDANO–Tanggal 24 Desember diperkirakan terjadi peningkatan drastis penumpang angkutan kota di terminal. Pasalnya, sebagian besar yang akan pulang kampung jelang Hari Raya Natal, baru akan mengambil perjalanan pulang di tanggal tersebut. Karena sebagian besar kantor, baik swasta maupun negeri, dijadwalkan libur yaitu H-1 Natal. Atas hal ini, antisipasi lonjakan penumpang dilakukan.

Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi (Dishubkominfo) melalui Kepala Dinas Siby Sengke, menjamin ketersediaan angkutan untuk pulang kampung di saat itu. “Biasanya puncak penumpang ada di tanggal 24 Desember. Namun kita siap dari H-3,” ungkap Sengke. Untuk mengantisipasi penumpang yang pulang kampung terlebih dahulu seperti PNS.

“Kita siapkan empat armada bus untuk menambah sarana transportasi,” jelasnya.

Empat armada ini akan stand by di tiga terminal. Terminal Langowan, Kawangkoan, dan Tondano. “Nanti di Langowan dan Kawangkoan masing-masing satu armada, dan di Tondano ada dua armada,” sebutnya.

Ia pun mengimbau kepada para penumpang agar memperhatikan bawaan dan tertib saat menaiki angkutan apalagi bus. “Kita akan siaga sejak H-3 agar penumpang sudah bisa nyaman untuk aktivitas pulang kampung,” ujarnya, sembari membeberkan, di Terminal Tondano masih menggunakan terminal sementara karena masih dalam perampungan. “Kita target akan kejar hingga Pak Presiden datang 27 Desember nanti,” kunci Sengke.(fgn/har)

Kirim Komentar