21 Des 2016 10:58
Harga Bapok Naik Turun

`Dari Harga Biasa Jadi Luar Biasa`

MyPassion

MANADOPOST— Gejala naik turun harga bermacam bahan pokok (bapok) terpantau di sejumlah pasar yang ada di Minahasa Tenggara (Mitra), Minggu (18/12).

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bentukan pemerintah pun diharapkan secepatnya merumuskan kebijakan dan penyesuaian sebelum harga bapok semakin naik. Apalagi jelang Natal, biasanya menjadi awal kelangkaan sejumlah kebutuhan yang berdampak pada kenaikan harga.

"Dari harga biasa bisa menjadi luar biasa. Karena itu kami berharap pemerintah secepat mungkin mengambil tindakan penyesuaian harga. Terlebih kebijakan terhadap pedagang nakal yang kerap bermain harga jelang perayaan Natal," tutur Edwin Kumenap, warga Molompar.

Menurut Edwin, pergerakan harga bapok yang tidak stabil kenyataannya telah membentuk kekhawatiran bagi masyarakat. Terlebih yang akan merayakan Natal. Pria ini pun mengaku heran, lantaran pekan lalu sempat terjadi kenaikan harga. "Sebagai masyarakat kami berharap pemerintah melalui instansi terkait mengontrol dan menetapkan kebijakan, supaya harga bapok di pasaran tetap stabil," harap Kumenap.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Ir Farry Liwe MSc menyatakan, TPID yang merupakan gabungan dari sejumlah instansi terkait akan terus memantau fluktuasi harga yang kerap terjadi jelang perayaan  hari besar.  Dikatakannya, pasca ada laporan akan langsung ditindaklanjuti. Misalkan, beberapa waktu lalu ada yang melaporkan terkait oknum yang menampung tabung gas 3 kg.

"Terkait tabung gas kan kami sudah mengambil tindakan, dengan menegur distributor agar tidak sembarang menyalurkan tabung gas. Sekaligus menegaskan kepada mereka terkait sanksi-sanksi yang bisa dikeluarkan pemerintah. Nah sekarang terkait laporan ini. Tentu akan segera  kami tindaklanjuti. Terima kasih kepada masyarakat yang terus mengontrol harga di pasaran," pungkas Liwe yang menjadi salah satu tim TPID.(gre/gel)