21 Des 2016 09:56

Bekali Masyarakat dengan Pendidikan Politik

MyPassion
Tatong bara

MANADOPOST— Pemkot Kotamobagu bertekad mencerdaskan masyarakat. Salah satunya melalui pendidikan politik. Wali Kota Kotamobagu Tatong bara menyebut, tujuannya adalah untuk mewujudkan masyarakat Kotamobagu yang sehat dalam berpolitik serta meningkatkan partisipasi politik, termasuk kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. “Saya mendorong masyarakat ikut dibekali pendidikan politik yang berkualitas,” sebutnya.

Menurut Tatong, pendidikan politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak kewajiban serta tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Jika dikaitkan dengan partai politik, pendidikan politik bisa diartikan usaha sadar dan tersistematik dalam mentransformasikan segala sesuatu terkait perjuangan partai politik. Agar masyarakat sadar akan peran dan fungsi serta hak dan kewajibannya sebagai warga negara," papar Tatong.

Usaha membekali masyarakatnya dengan pendidikan politik, diungkapkan Tatong, agar warga di Kota Kotamobagu terus menjaga lestarinya pancasila dan UUD 1945 sebagai budaya politik bangsa.

"Pendidikan politik berfungsi memberikan isi dan arah serta pengertian tentang nilai yang sedang berlangsung di masyarakat. Tujuannya untuk menciptakan sistem politik demokratis, stabil, efektif, dan efisien,” terang Tatong.

Di samping itu, diharapkan jika masyarakat telah dibekali pendidikan politik, maka akan mengubah serta membentuk tata perilaku seseorang agar bisa berpartisipasi pada politik yang bertanggung jawab. “Kemudian membentuk tatanan masyarakat sesuai dengan tujuan politik yang ingin diterapkan," tuturnya.

Tatong Berharap, dengan adanya tingkat partisipasi politik masyarakat yang tinggi, berimbas positif terhadap proses pembangunan. "Sselanjutnya hal tersebut akan menjadi stimulus yang signifikan bagi kemajuan bangsa dan negara. Partisipasi politik yang bermakna positif  harus memenuhi syarat baik dari segi kualitatif maupun dari segi kwantitatif," tutup Tatong.(ctr-40/gel)

Komentar
Kirim Komentar