20 Des 2016 09:43

Wawancara Eksklusif Mayjen TNI Ganip Warsito

MyPassion
Ganip Warsito

Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka resmi beroperasi, Selasa (20/12), hari ini. Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Ganip Warsito siap menunaikan tugas dan tanggungjawab yang diemban. Bagaimana sepak terjang, terobosan hingga pandangannya terkait Sulut?. Berikut wawancara eksklusif Wartawan Manado Post (MP) usai nonton bareng Final Piala AFF Suzuki 2016 Thailand vs Indonesia, Sabtu (17/12), di Depan Aula Kodam XIII/Merdeka, Jalan 14 Februari Teling, Manado.

Wartawan MP: Bisa bapak ceritakan sedikit pengalaman selama berkarier di TNI?

Mayjen Warsito: 30 tahun sebagai tentara dari pangkat letnan sampai Mayor Jendral, sudah banyak dilalui. Saya juga sudah merasakan bagaimana melewati hampir semua level komandan satuan, mulai dari komandan pleton, kompi, batalion, kodim, korem.

Wartawan MP: Selama 30 tahun pengabdian. Operasi militer apa saja selama bertugas?

Mayjen Warsito: Pengamanan perbatasan. Pengalaman di luar negeri yaitu kunjungan kerja di Pakistan, Korea Selatan dan Singapura. Sementara dalam negeri ditempatkan tugas di Timor-timor, tugas bantuan militer di Maluku, pengamanan perbatasan dengan Malaysia, juga perbatasan dengan Timor Leste. Saat ini, kita mengemban tugas pengamanan perbatasan dengan Filipina. Karena kekuatan TNI itu adalah bersama rakyat, jadi diharapkan masyarakat juga turut serta menjadi agen-agen pemberi informasi di wilayah masing-masing, guna mencegah adanya terorisme, narkoba, penyelundupan senjata, barang-barang ilegal dan hal-hal lain yang dapat membahayakan masyarakat.

Wartawan MP: Adanya ancaman teror yang marak di perbatasan Filipina dan Sulut, bagaimana cara mengatasinya nanti?

12
Komentar
Kirim Komentar