20 Des 2016 09:14

Oh Karena Ini Kodam Merdeka Diaktifkan Kembali

MyPassion

MANADOPOST-Untuk menjawab tuntutan tugas TNI AD yang semakin kompleks, juga karena perkembangan lingkungan strategis baik global, regional, dan nasional maka dikembangkan Kodam di Sulut. Dengan demikian, Kodam XIII/Merdeka kembali diaktifkan. Pembentukan Kodam Merdeka juga berdasarkan kebijakan pengembangan gear satuan.

Pembangunan kekuatan TNI AD ini dilaksanakan atas dasar konsep pertahanan berbasis kemampuan dengan mempertimbangkan kemungkinan ancaman. Maka pembentukan Kodam Merdeka harus dapat menjawab berbagai kemungkinan ancaman baik yang bersifat ataktual maupun potensial.

Terkait kebijakan pembinaan kekuatan Kodam Merdeka diarahkan untuk melanjutkan penataan organisasi, pemenuhan personel sesuai TOP/DSPP, pemenuhan materiil/alutsista, pemenuhan kebutuhan fasilitas/pangkalan serta pemenuhan kebutuhan peranti lunak.

Kebijakan pembinaan kemampuan Kodam Merdeka diarahkan untuk mendukung pembinaan kemampuan TNI AD yang meliputi kemampuan intelijen, tempur, binter, dan dukungan. Gelar kekuatan Kodam XIII/Merdeka didasarkan pada konsep pertahanan pulau-pulau besar dan rangkaian pulau-pulau kecil, yang diarahkan pada totalitas efek tangkal ancaman yang diprediksi dapat timbul.

Sementara penggelaran kekuatan didasari pada Grand Design Organisasi TNI AD dengan mengutamakan wilayah rawan konflik, daerah perbatasan dan pulau terluar/terpencil. Selanjutnya penggelaran satuan baru selain memperhitungkan aspek strategis dan taktis operasional juga mempertimbangkan ketersediaan fasilitas umum dan sosial untuk kepentingan kesejahteraan prajurit. Untuk itu, penentuan lokasi gelar satuan baru harus menjamin keseimbangan antara kepentingan pembinaan satuan dan efektifitas penggunaan kekuatan.(gnr/can)

Komentar
Kirim Komentar