19 Des 2016 11:27

Tinjau Lokasi Natal Nasional, Mendag Sempatkan Lihat Situs Sejarah Benteng Moraya

MyPassion
TINJAU: Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita didampingi Gubernur Olly Dondokambey dan Bupati JWS, saat memantau kesiapan pelaksanaan Natal Nasional Tondano. Lukita juga menyempatkan diri untuk melihat situs sejarah Benteng Moraya yang nantinya bakal diresmikan Jokowi. Foto: Facebook Jantje Sajow

MANADOPOST–Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita menyambangi Tondano, Minggu (18/12) kemarin. Kedatangan Lukita selain agenda dinas, juga terkait persiapan perayaan Natal Nasional 2016, pada 27 Desember mendatang yang dipusatkan di Tondano.

Lukita yang merupakan Ketua Panitia Natal Nasional ini didampingi Gubernur Olly Dondokambey dan Bupati Jantje Wowiling Sajow meninjau langsung sejumlah lokasi di Tondano. Lukita pun mengaku terpesona dengan situs bersejarah Benteng Moraya. “Benteng Moraya ini adalah tempat yang punya nilai sejarah. Saya berharap ini bisa dilestarikan dalam upaya menarik kunjungan wisata,” imbuhnya.

“Kami nanti akan usulkan ke Presiden agar Benteng Moraya ini juga bisa diresmikan secara on the spot oleh Presiden Jokowi,” katanya. Terkait kesiapan perayaan Natal Nasional, Lukita yang sebelumnya menyambangi PLTP Tompaso ini mengungkapkan keyakinannya terhadap panitia di daerah terkait mempersiapkan semua hal. 

“Soal kesiapan, saya kira sudah bagus tinggal finishing saja. Kami tentu berharap agar pelaksanaan Nanti bisa berjalan sesuai dengan rencana,” pungkas Lukita yang juga didampingi Sekprov Sulut Edwin Silangen dan Sekkab Minahasa Jeffry Korengkeng serta Dirjen Imigrasi Ronny Sompie.

Sementara Bupati JWS sendiri menuturkan, koordinasi dengan Pemprov terus dijaga untuk mempersiapkan semua hal. “Kita terus koordinasi dengan panitia tingkat provinsi untuk kelancaran kegiatan nanti,” sebut JWS. Sementara di tingkat kabupaten juga terus mematangkan kesiapan. Mulai dari bersih-bersih lokasi ibadah Natal di Stadion Maesa, hingga persiapan acara.

Untuk sejumlah proyek yang nanti akan diresmikan Jokowi, sedang digenjot penyelesaian. Di antaranya Taman Kota Sam Ratulangi Tondano dan Benteng Moraya. "Ada sekira 60 miliar rupiah untuk total semua proyek yang bakal diresmikan Pak Presiden nanti,” pungkas JWS sembari memohon dukungan dari seluruh masyarakat Minahasa agar pelaksanaan Natal Nasional ini bisa berlangsung dengan hikmat, aman dan lancar. (fgn/har)

Kirim Komentar