19 Des 2016 10:21

Karyawan Tuntut THR, `Saya Hanya Dapat 600 Ribu`

MyPassion
Ilustrasi. Getty Images

MANADOPOST—Karyawan-karyawan di Bitung mulai mengeluhkan pembayaran tunjangan hari raya (THR). Seperti di PT RD Pasifik. Pasalnya, pembayaran THR tidak sesuai dengan ketentuan.

"Setahu saya karyawan yang sudah bekerja lebih dari 12 bulan, berhak mendapatkan pembayaran THR sebesar satu bulan gaji itu sesuai Permen Nakertrans," ujar SM, karyawan PT RD Pasifik, kemarin (18/12).

Menurut dia, hal itu tidak dilakukan perusahaan. Malah seperti dia, yang sudah lebih dari setahun bekerja, hanya mendapat 25 persen dari gaji pokok. “Saya hanya menerima Rp 600 ribu saja,” keluhnya.

Lanjutnya, kebijakan perusahaan ini jelas-jelas bertentangan dengan aturan. “Padahal jelang Natal, banyak kebutuhan yang harus karyawan penuhi, terutama yang merayakan,” jelasnya.

Hal berbeda diungkapkan Poppy (31), salah satu penjaga toko di pusat kota Bitung. "Kami hanya mendapat THR, sebesar Rp 300 ribu, serta minuman soda satu krat. Ya, memang setiap tahun seperti itu, mau bagaimana lagi. Gaji kami juga tidak sesuai UMP, tapi saya tetap bersyukur, yang penting kami masi bisa makan untuk sehari-hari," singkatnya.

Sayangnya, manajemen PT RD Pasifik belum bisa dikonfirmasi. Begitu juga dengan Plt Kadisnaker Bitung Harry Tania. Dihubungi via telepon gengam dan pesan singkat tidak direspon kemarin.(ctr-08/can)

Kirim Komentar