19 Des 2016 10:47
Sumendap: Tak Ikuti Apel Perdana Dipotong 50 Persen

Fantastis! TKD ASN Mitra Tertinggi di Sulut

MyPassion

MANADOPOST— Fantastis. Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) bagi Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara 2017 sangat tinggi. Sekelas camat saja TKD-nya mencapai Rp 17-an juta.

Kenaikan TKD ini diambil, setelah dalam tiga tahun pemerintahan saat ini sejumlah kebutuhan dasar dari masyarakat khususnya untuk sarana/prasarana, kesehatan, pendidikan, serta fasilitas umum lainnya telah terpenuhi.

Bahkan seperti diungkapkan Bupati James Sumendap kenaikan tunjangan bagi para abdi negara tersebut diklaimnya merupakan yang tertinggi di antara kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulut.

"TKD yang kita berikan bagi para ASN untuk tahun depan merupakan yang tertinggi di Sulut," kata Bupati.

Ia mengungkapkan kenaikan TKD tersebut untuk meningkatkan kinerja dari aparat pemerintah. Juga agar ada peningkatan kesejahteraan dari setiap pegawai. "Karena dengan kenaikan tunjangan ini, pegawai wajib lebih meningkatkan kinerja mereka. Selain itu, besaran TKD bisa menjauhkan pegawai dari praktek-praktek korupsi dan pungli. Karena tingkat kesejahteraan mereka sudah makin meningkat," katanya.

Namun menurut Sumendap, adanya kenaikan TKD tersebut bukan tanpa syarat. Dia menegaskan, bagi ASN yang kinerjanya tidak sesuai dengan harapan bakal dikenakan potongan tunjangannya.

"Pemberlakuan potongan terhadap TKD bagi ASN yang tidak menjalankan tetap diberlakukan. Contohnya, sakit dikenakan potongan 3%, izin dengan keterangan dipotong 7%, tidak hadir tanpa keterangan dipotong 15%," katanya.

Sedangkan terlambat dikenakan potongan 5% per apel, pulang cepat dipotong 4%, tidak absen keluar dan masuk istirahat dipotong 3%. "Tidak mengikuti apel dikenakan potongan 20%, dan tidak mengikuti apel perdana TKD dipotong 50%," tegas Bupati. (gre/gel)

Kirim Komentar