19 Des 2016 11:16

Dilarang Mutasi PNS

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOST-Kabar buruk bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Bolmong (Bolmong). Mengapa tidak, keinginan untuk pindah kerja ke daerah lain sampai saat ini belum diperbolehkan.

Ya, saat ini mulai banyak terdengar para PNS yang ingin pulang bekerja ke daerahnya masing-masing. "Ya, memang banyak pertimbangan. Mau pindah karena sudah berkeluarga," ungkap sejumlah PNS Bolmong.

Sekadar diketahui, saat ini data di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bolmong sudah ada satu PNS yang mengajukan surat perpindahan kerja. Hanya saja hal ini belum bisa dilakukan.

Kepala Seksi Pemindahan, Pemberhentian dan Pensiun BKD Bolmong Hendra mengatakan, untuk daerah ini belum bisa ada PNS yang pindah tugas ke daerah lain. "Hal ini berdasarkan surat dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) tentang kewenangan pejabat Kepala Daerah, soal kepegawaian yang tidak boleh memberikan izin mutasi atau pindah tugas ke daerah lain," ungkapnya.

Menurutnya, hanya dalam surat tersebut pejabat kepala daerah boleh melakukan mutasi jika ada persetujuan langsung dari Mendagri. "Karena Mendagri ada kewenangan soal pegawai. Sehingga jika pejabat kepala daerah ada izin dari Mendagri, baru bisa melakukan mutasi," terangnya.

Ditambahkannya, pejabat kepala daerah juga memiliki kewenangan soal kepegawaian. Tanpa ada izin dari Mendagri. "Misalnya masalah pengangkatan CPNS atau kenaikan pangkat," ujarnya.

Lanjutnya, bagi PNS yang akan mengajukan mutasi lebih baik jika sudah ada Kepala Daerah yang baru. "Tunggu saja tahun depan jika sudah ada Bupati yang baru silakan mengajukan mutasi," ungkapnya.

Menurutnya, saat ini memang sudah ada yang mulai mengajukan mutasi. "Tapi yang masuk ke BKD hanya satu saja, akan tetapi belum kami proses," tutupnya.(ctr-20/har)

Komentar
Kirim Komentar