19 Des 2016 08:13
BI: Kita Sediakan 1,7 Triliun Diluar Stok Perbankan

Desember, Warga Sulut `Hamburkan` Triliunan Rupiah

MyPassion

MANADO—Prilaku konsumtif jelang Natal seperti tidak bisa dielakan, apalagi di Sulut. Seperti beberapa hari terakhir, pusat-pusat perbelanjaan mulai dipadati warga, terutama di kawasan ‘B on B’ (Business on Boulevard) Manado. Ini diprediksi akan terus meningkat hingga H-1 jelang Natal.

Diperkirakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, belanja warga yang merayakan Natal akan mencapai triliunan. Belanja ini untuk keperluan Natal, seperti membeli baju baru, natura kue, menu Natal, mempercantik interior rumah, hingga berbagai ornamen Natal. Berdasarkan asumsi budget per keluarga, yang diolah dari data Badan Pusat Statistik (BPS), perkiraan toal anggaran yang ‘dihamburkan’ hampir mencapai Rp 3 triliun. Ini jika diasumsikan 475.529 kepala keluarga (KK) di Sulut menghabiskan budget Rp 5 juta per KK.

“Kalau untuk keluarga saya bukan hanya Rp 5 juta. Malah sampai Rp 7,5 juta hingga Rp 10 juta. Ini hanya untuk saya, suami dan dua orang anak,” ujar Christin R, warga Manado, kemarin.

Apalagi menurutnya, ada THR dari kantor. “Saya dapat, suami juga. Jadi hitung-hitung kita menghabiskan THR untuk Natal dan Tahun Baru. Apalagi ini perayaan setahun sekali,” katanya.

12
Komentar
Kirim Komentar